Pencarian Korban KM Nusa Kenari 02, Tiga Korban Meninggal Ditemukan, Satu Masih Hilang

Pencarian Korban KM Nusa Kenari 02, Tiga Korban Meninggal Ditemukan, Satu Masih Hilang

Pencarian Korban KM Nusa Kenari 02, Tiga Korban Meninggal Ditemukan, Satu Masih Hilang
POS-KUPANG.COM/DOKUMENTASI SAR KUPANG
Proses Evakuasi korban tenggelam KM Nusa Kenari 02 oleh tim SAR Gabungan pada Senin (17/6/2019) petang. 

Pencarian Korban KM Nusa Kenari 02, Tiga Korban Meninggal Ditemukan, Satu Masih Hilang

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Tim SAR gabungan berhasil menemukan tiga jasad korban meninggal dalam musibah kecelakaan kapal motor KM Nusa Kenari 02 pada pencarian hari ketiga, Senin (17/6/2019).

Pencarian yang dimulai pada pukul 06.00 Wita itu akhirnya berhasil menemukan tiga jasad korban meninggal sekira sejak pukul 15.00 Wita.

Media Online di NTT Cukup Berkembang

"Korban pertama (ditemukan) jam 15.10 wita, anak-anak, jenis kelamin laki-laki. Ditemukan pada koordinat 08 36'21" S 124 13'26" E. Korban kedua jam 15.40 wita, dewasa jenis kelamin perempuan, ditemukan pada koordinat 08 36'29"S 124 13'01"E," ujar Kepala Kantor SAR Kupang Emi Freezer melalui WhatsApp pada Senin (17/6/2019) petang.

Ia menjelaskan, setelah kedua korban tersebut, pihaknya juga menemukan korban ketiga pada hari ini. Sehingga, dalam operasi pencarian dan penyelamatan hari ketiga, pihaknya berhasil menemukan 3 korban.

BREAKING NEWS: Sopir Mabuk, Mobil Dump Truk Terbalik di Eban TTU

Ketiga korban tersebut, dievakuasi menggunakan KN SAR Antareja. Selanjutnya dievakuasi menggunakan ambulance RS Kalabahi pada Senin petang.

Sebelumnya, Kapolres Alor AKBP Patar Silalahi yang dikonfirmasi POS-KUPANG.COM dari Kupang pada Minggu (16/6/2018) mengatakan berdasarkan penyelidikan pihaknya telah mengungkap penyebab kecelakaan yang menewaskan tiga orang serta lima orang hilang itu.

Patar menjelaskan, berdasarkan keterangan anak buah kapal (ABK) dalam pelayaran tersebut, sebelum kapal tersebut tenggelam kapal itu mengalami kerusakan pada mesin pompa air saat berada di Perairan Lingal. Mesin pompa air itu sempat diperbaiki oleh ABK namun tidak bertahan sehingga menyebabkan air masuk ke dalam kapal.

"Bahwa dalam perjalanan, tepatnya di perairan Kampung lingal, KM. Nusa Kenari 02 mengalami kerusakan pada mesin pompa air selanjutnya ABK dan nahkoda memperbaiki mesin tersebut dan mesin tersebut sempat menyala, tidak lama kemudian mesin pompa air tersebut mati lagi dan menyebabkan air masuk ke dalam perahu," katanya.

Saat air mulai masuk ke kapal, jelasnya, nahkoda mengambil inisiatif untuk mengemudikan kapal ke dekat daratan tanjung Margeta tepatnya dengan jarak sekira 200 meter dari daratan untuk melakukan upaya penyelamatan pertama. .

Halaman
12
Penulis: Ryan Nong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved