Berakhirnya Olimpiade Olahraga Siswa dan Festival Seni Siswa Kabupaten Kupang

para peserta Olimpiade Olahraga Siswa dan Festival Seni Siswa telah berusaha keras menampilkan kemampuan terbaik mereka.

Berakhirnya Olimpiade Olahraga Siswa dan Festival Seni Siswa Kabupaten Kupang
SMK PP Kupang
Suasana upacara penutupan Olimpiade Olahraga Siswa dan Festival seni, tingkat SMK di SMK PP Kupang 

 POS KUPANG.COM -Sejak pagi (14/06/2019) para peserta Olimpiade Olahraga Siswa dan Festival Seni Siswa telah berusaha keras menampilkan kemampuan terbaik mereka.

Tibalah lomba terakhir dalam acara Olimpiade Olahraga Siswa dan Festival seni, yakni lomba menyanyi solo. Lomba menyanyi solo ini terbagi menjadi 2 yakni untuk golongan putra dan putri.

Ada 2 lagu yang dinyanyikan, yaitu lagu wajib dan lagu pilihan. Lagu wajib yang dinyanyikan ialah alunan “Bolelebo”, yang merupakan lagu daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Lagu ini merupakan alunan kerindungan orang Nusa Tenggara Timur akan kampung halaman mereka, ketika merantau keluar daerah. Sedangkan lagu pilihan ialah “Mimpi” yang dinyanyikan Anggun C. Sasmi dan “Rumah Kita” yang dinyanyikan band God Bless.

Siang hingga sore, telinga penonton, panitia dan peserta dimanjakan oleh alunan merdu para peserta lomba menyanyi. Hingga akhirnya pukul 16.00 WITA tiba, yang berarti berakhirnya lomba menyanyi dan waktunya mengumumkan para juara. Pengumuman para juara ini disampaikan oleh panitia, sementara penyerahan tropi dan piagam dilaksanakan oleh Kepala SMK yang ditunjuk.

Hampir tiap SMK yang hadir menyabet juara 1 dalam olimpiade olahraga dan festival seni ini. Paling tidak, seorang perwakilan lomba dari sebuah SMK membawa pulang piala juara 1.

Hal tersebut menunjukkan bahwa tiap sekolah memiliki kemampuan unggul yang berbeda-beda.

Contohnya, perlombaan karate dimenangkan oleh perwakilan dari SUPM (Sekolah Usaha Perikanan Menengah) Negeri Kupang, lomba menyanyi solo putra dimenangkan oleh perwakilan dari SMK-PP Negeri Kupang, sedangkan lomba debat Bahasa Inggris dimenangkan oleh SMK Swasta Tematik Kupang, dan lain-lain.

“Saat hendak menyanyikan lagu, sangat penting untuk memiliki persiapan. Penyanyi harus memahami range nada suaranya sendiri. Selain itu sangat penting untuk menghafal dan memahami makna lagu. Dengan begitu bisa menjiwai dan berekspresi dengan apik”, demikian tips dari juri pada saat penutupan.

“Hendaknya di olimpiade dan festival berikutnya, setiap sekolah memiliki perwakilan untuk tiap-tiap cabang lomba. Dengan begitu bisa terwujud kompetisi”, begitulah saran Ir. Stepanus Bulu, MP, selaku Kepala SMK-PP Negeri Kupang.

Acara sore itu pun diakhiri dengan do’a. Selamat untuk para juara. Semangat untuk mewakili Kabupaten Kupang dalam O2SN dan FS2N tingkat Provinsi NTT. (*)

Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved