VIDEO: Jaksa di Sumba Timur Beri Pelayanan Hukum Gratis dan Perkenalkan E-Tilang Kepada Masyarakat

VIDEO: Jaksa di Sumba Timur Beri Pelayanan Hukum Gratis dan Perkenalkan E-Tilang Kepada Masyarakat

VIDEO: Jaksa di Sumba Timur Beri Pelayanan Hukum Gratis dan Perkenalkan E-Tilang Kepada Masyarakat

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU - Pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Sumba Timur membuka kegiatan pelayanan hukum gratis dan memberikan sosialisasi atau pengenalan tentang E-Tilang atau tilang elektronik kepada masyarakat terlebih khusus kepada masyarakat marginal atau masyarakat yang kurang mampu.

Kegiatan itu berlangsung di Taman Sandelwood, Kecamatan Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Sabtu (15/6/2019) malam.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sumba Timur Setyawan Nur Chaliq, melalui Kasie Perdata dan Tata Usaha Negara (DATUN) Kejari Sumba Timur M.Syafa kepada wartawan di sela kegiatan itu, menjelaskan kegiatan itu merupakan aktualisasi reformasi birokrasi yang mencoba untuk mengoptimalkan public service atau pelayanan publik dengan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dengan tujuan sebagai rangkaian kegiatan menuju wilayah bebas korupsi dan menuju wilayah bebas melayani.

VIDEO: Ramalan Zodiak Hari Ini, Minggu 16 Juni 2019, Reputasi Capricorn Kuat, Leo Sibuk

VIDEO: Guru SMA/SMK di Sumba Timur Mengaku Tunjangan Kesejahteraan Sudah 2,5 Tahun Belum Dibayar

VIDEO: Gubernur NTT, Viktor Laiskodat Ke Perbatasan Matim - Ngada untuk Lakukan Hal Ini

Syafa didampingi oleh Kasie Intel Kejari Sumba Timur IGN Agung Wira Anom juga menjelaskan, kegiatan ril yang dilakukan berupa pelayanan hukum gratis, dengan sasaran untuk memberikan masukan hukum kepada masyarakat khususnya kepada masyarakat yang marginal dimana masyarakat yang tidak mampu secara ekonomi untuk memperjuangkan keadilan untuk merebut hak-haknya yang dirampas atau mendapatkan tekanan oleh pihak-pihak yang lebih berkuasa.

Syafa juga berharap dengan memberikan dengan pelayanan hukum secara gratis ini, masyarakat marginal untuk dapat mengetahui langkah-langkah secara yuridis yang dilakukanya untuk dapat merebut kembali hak-haknya dan juga mendapatkan keadilan.

Selain itu juga, Kata Syafa, dalam kegiatan itu pihaknya juga mengenalkan atau mengsosialisasikan E-Tilang (tilang elektronik).

"E-Tilang ini yang dulu dilakukan secara konvensional kita lakukan perubahan, dengan filosofinya adalah untuk lebih mempermudah masyarakat dalam membayar denda tilang. Dahulu dibayar dengan kontan dari tangan ke tangan sehingga sangat rentan terjadinya penyimpangan. Sehingga melalui E-Tilang ini diharapkan perbuatan curang berkaitan dengan denda tilang ini bisa diminimalisir dan juga mempercepat proses penyelesaian perkara tilang itu sendiri. Dengan E-Tilang putusannya bisa dinotifikasi ke Handphone warga dan bisa pula lewat papan pengumuman Pengadilan dan warga bisa langsung membayarkan denda ke BRI, dan jika ada jaminan yang dibayarkan lebih akan dikembalikan utuh kepada warga,"jelas Syafa.

Pihak Kejaksaan Negeri Sumba Timur juga dalam kegiatan itu juga melayani masyarakat yang hendak mengurus dan mengambil barang bukti tilang pasca pelanggaran dalam berlalu lintas.

VIDEO: Begini Komitmen TP PKK NTT Dukung Pencegahan Stunting di NTT

VIDEO: TransNusa Buka Penerbangan Internasional Kupang Indonesia ke Dilli, Negara Timor Leste

VIDEO: Begini Komitmen TP PKK NTT Dukung Pencegahan Stunting di NTT

Syafa juga mengatakan, persoalan yang dihadapi terkait, mengenai tilang ada barang bukti yang sudah sekian lama tidak dikembalikan, sehingga pihaknya mencoba memberikan terobosan dengan melakukan pelayanan kepada masyarakat dengan membuka stand di tempat-tempat publik yang mudah dijangkau, sehingga masyarakat bisa terlayani walaupun di luar jam kerja.

Selain itu, dalam kegiatan itu pula dibuka Bazar Sembako Murah. Kegiatan Bazar Sembako Murah itu atas inisiatif Ikatan Adhyaksa Darmakarini (IAD) bersama Kejaksaan Negeri Sumba Timur bekerja sama dengan pihak Perum Bulog Waingapu dalam rangka Hari Bhakti Adhyaksa ke-59 dan HUT XIX, IAD Tahun 2019.

Syafa juga mengatakan dalam kegiatan bazar itu, bukan tujuan mendapatkan produk keuntungan, tetapi melainkan memberikan sedikit bantuan kepada masyarakat dengan memberikan Sembako yang murah yang bisa dijangkau oleh masyarakat yang kurang beruntung atau kurang mampu.

"Jadi misi sosial itu yang kita utamakan dan kita akan sampaikan kepada masyarakat dengan membuka Bazar Sembako Murah ini. Adapun sembako yang tersediah berupa beras dan minyak goreng,"imbuhnya.

Syafa juga mengatakan, kegiatan ini dikakukan hanya sehari saja, namun tidak menuntup kemungkinan akan dilakukan secara periodik baik waktu, lokasi, dan metode pelaksanaanya. Karena kegiatan ini baru pertama kali dilaunching sebagai bagian dari pelaksanaan reformasi birokrasi sebagai rangkaian kegiatan menuju wilayah bebas korupsi dan menuju wilayah bebas melayani. (POS-KUPANG.COM, Robert Ropo)

Nonton Videonya Di Sini :

Penulis: OMDSMY Novemy Leo
Editor: OMDSMY Novemy Leo
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved