Ini Usul Gubernur di Brasil: Rudal Digunakan untuk Ledakkan Pelaku Kriminal

Ini Usul Gubernur di Brasil: rudal digunakan untuk Ledakkan Pelaku Kriminal

Ini Usul Gubernur di Brasil: Rudal Digunakan untuk Ledakkan Pelaku Kriminal
KOMPAS.com/AFP / DANIEL RAMALHO
Gubernur Rio de Janeiro, Wilson Witzel. 

Ini Usul Gubernur di Brasil: rudal digunakan untuk Ledakkan Pelaku Kriminal

POS-KUPANG.COM | RIO DE JANEIRO - Seorang gubernur di Brasil mengusulkan penggunaan " rudal" untuk meledakkan penjahat di salah satu kawasan kumuh paling kejam di negara itu.

Gubernur Rio de Janeiro, Wilson Witzel yang mencatat tingkat pembunuhan polisi paling tinggi dalam tiga bulan pertama masa jabatannya, menyebut jika penduduk Rio kini hidup dalam kondisi terorisme.

Begini Kisah Awal Polsek Jogonalan Pertemukan Dua Anggota Keluarga yang 13 Tahun Terpisah

"Jika dapat disahkan oleh PBB, di bagian lain dunia, kami akan memiliki otorisasi untuk mengirimkan rudal ke sana untuk meledakkan orang-orang itu," kata Witzel dalam komentarnya yang disiarkan RJTV.

Pernyataan Witzel merujuk pada Cidade de Deus, sebuah favela atau wilayah kumuh di barat kota Rio de Janeiro, yang terkenal setelah menjadi latar cerita dalam film City of God, pada 2002. Nama Cidade de Deus memiliki arti Kota Tuhan, sama seperti judul film tersebut.

Survei SMRC Terharap Pemerintahan Soeharto, SBY dan Jokowi, Bagaimana Hasilnya?

Pernyataan Witzel itu muncul setelah terjadinya baku tembak antara polisi dengan kelompok gangster di favela itu, pada Rabu (12/6/2019), yang menewaskan sedikitnya satu orang, menurut situs G1.

"Polisi kami tidak ingin membunuh, tetapi kami tidak ingin melihat adegan-adegan seperti yang kami tonton dalam film," kata Witzel saat menghadiri acara di Nova Iguacu, dekat dengan Rio.

Namun pernyataan gubernur itu menuai kecaman dari ketua Komisi Hak Asasi Manusia di Dewan Legislatif Rio, Renata Souza, yang menyebut pernyataan gubernur menunjukkan sikap otoriter dan keras.

"Mereka menunjukkan prasangka dan penghinaan terhadap masyarakat miskin yang tinggal di favela itu," ujar Renata.

Gubernur Witzel dikenal akan dukungannya terhadap kebijakan anti-kejahatan yang keras dari Presiden Jair Bolsonaro, yang mulai berkuasa pada Januari tahun ini.

Halaman
12
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved