Minggu ini Umat Katolik Rayakan Hari Tritunggal Mahakudus, Ini Hari Raya yang Diperingati

Umat Nasrani khususnya umat katolik memiliki banyak peryaan dalam setahun. Pada hari Minggu, 16 Juni 2019 ini, umat Katolik merayakan Hari Tritunggal

Minggu ini Umat Katolik Rayakan Hari Tritunggal Mahakudus, Ini Hari Raya yang Diperingati
POS-KUPANG.COM/ EGINIUS MOA
Gereja Katedral Larantuka 

Hari Minggu ini Umat Katolik Rayakan Hari Tritunggal Mahakudus, Ini Hari Raya yang Diperingati Umat Katolik

POS KUPANG.COM, KUPANG -- Umat Nasrani khususnya umat katolik memiliki banyak peryaan dalam setahun. Pada hari Minggu, 16 Juni 2019 ini, umat Katolik merayakan Hari Tritunggal Mahakudus.

Hari raya ini jatuh pada hari Minggu pertama setelah Pentakosta. Hari raya ini dirayakan untuk menghormati Tritunggal Mahakudus (Bapa, Putra, dan Roh Kudus)

Dikutip dari Warta Wilayah Antonius, Media Informasi dan Komunikasi Wilayah Antonius Gereja St. Paskalis Paroki Cempaka Putih Jakarta menyebutkan di dalam agama Katolik, bisa dibilang setiap hari adalah hari raya. Betapa tidak, setiap hari umat Katolik pasti merayakan sesuatu, apakah itu hari raya atau peringatan para orang kudus.

Pemeluk agama non-Kristen mungkin hanya mengetahui Natal dan Paskah sebagai hari raya umat Katolik dan Protestan. Namun sebenarnya ada banyak hari raya yang dirayakan oleh umat Katolik. Ini dia beberapa di antaranya.

350.000 Lebih Penggemar Tanda Tangani Petisi Agar B.I Tidak Keluar dari iKON, Tidak Terlibat Narkoba

Aa Gym Imbau Stop Saling Hina, Singgung Ulama Santun dan Islam Rahmatan Lil Alamin

Tahun Ini NTT Sudah Menerima 53 Jenazah TKI Meninggal dari Malaysia

Epifani
Hari raya Epifani adalah hari raya pertama yang dirayakan umat Katolik sepanjang tahun, sebab jatuh tak lama setelah tahun baru, yaitu pada tanggal 6 Januari. Hari raya ini memperingati peristiwa yang terjadi setelah kelahiran Yesus Kristus, dimana Maria dan bayi Yesus yang baru saja lahir dikunjungi oleh tiga orang majus dari Timur yang membawa persembahan.

Rabu Abu
Hari raya Rabu Abu adalah permulaan masa Prapaskah, yaitu masa berpuasa dan berpantang bagi umat Katolik. Dinamakan Rabu Abu sebab pada hari raya ini setiap orang Katolik wajib ke gereja untuk diusapi abu pada dahinya. Seperti namanya, hari raya Rabu Abu selalu jatuh pada hari Rabu. Tanggalnya tidak pernah tetap dan dihitung pada hari Rabu tepat 40 hari sebelum hari raya Paskah (tanpa menghitung hari Minggu, karena pada hari Minggu umat Katolik tidak diperbolehkan berpuasa).

Minggu Palem
Minggu Palem dirayakan pada hari Minggu sebelum hari raya Paskah. Hari raya ini memperingati kedatangan Yesus ke Yerusalem sebelum disalibkan. Seperti namanya, pada hari itu umat Katolik datang ke gereja sambil membawa daun palem, karena konon begitulah umat di Yerusalem dahulu menyambut kedatangan Yesus.

Kamis Putih
Kamis Putih adalah hari raya yang dirayakan pada hari Kamis sebelum hari raya Paskah. Pada hari raya ini, umat Katolik memperingati peristiwa Perjamuan Terakhir, tepat satu malam sebelum Yesus disalibkan. Peristiwa Perjamuan Terakhir ini diabadikan dalam lukisan Leonardo da Vinci yang terkenal berjudul "Last Supper".

Jumat Agung
Hari raya ini lebih dikenal sebagai hari raya Wafat Isa Almasih. Banyak yang salah mengira bahwa hari raya Jumat Agung adalah Paskah, padahal sebenarnya dua hari raya itu berbeda. Hari raya Jumat Agung ini memperingati peristiwa penyaliban Yesus.

Halaman
123
Penulis: Alfred Dama
Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved