Belajar di Alam Terbuka Memicu Kerja Otak

Kebiasaan belajar di Alam Terbuka ternyata dapat memicu kerja otak anak

Belajar di Alam Terbuka Memicu Kerja Otak
POS-KUPANG.COM/Teni Jenahas
Siswa-siswi SD Katolik Henes di Dusun Purkou, Desa Henes Kecamatan Lamaknen Selatan Kabupaten Belu belajar di alam bebas, Sabtu (15/6/2019). 

Kebiasaan belajar di Alam Terbuka ternyata dapat memicu kerja otak anak

POS-KUPANG.COM | ATAMBUA - Belajar di dalam kelas sudah menjadi hal biasa bagi siswa-siswi namun belajar di alam bebas menjadi hal baru dan menyenangkan. Ternyata Belajar di alam bebas bisa memicu kerja otak anak-anak.

Cara ini digagas anggota Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 408/Sbh Pos Lakmaras. Dua anggota Pos Lakmaras yang memiliki basic guru itu adalah Praka Indara dan Pratu Wildan.

Terjatuh dari Sampan, Dua Orang Wisatawan Tewas di Danau Biru, Tangerang, Begini Kisahnya

Kedua prajurit ini mengajak para siswa-siswi SD Katolik Henes yang berada di Dusun Purkou, Desa Henes Kecamatan Lamaknen Selatan Kabupaten Belu untuk belajar dan menikmati suasana alam sekitar pos, Sabtu (15/6/2019).

Dansatgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 408/Sbh, Mayor (Inf) Joni Eko Prasetyo S.I.P kepada Pos Kupang.Com, Minggu (16/6/2019) mengatakan, anggota Pos Lakmaras melakukan kegiatan yang meningkatkan minat baca anak sekolah.

Pramono: Tuntutan Prabowo-Sandiaga agar Hasil Pilpres Dibatalkan Tak Nyambung

Mereka mengajak anak sekolah belajar di alam bebas sambil menikmati keindahan alam sekitar. Dengan begitu, anak-anak tidak jenuh dalam hal belajar. Mereka lebih termotivasi untuk belajar ke depannya.

Menurut Joni Eko, pembelajaran di alam terbuka ini baru pertama kali dilaksanakan di SD tersebut. Anak sekolah menyambut baik kegiatan tersebut yang dilihat dari keaktifan anak-anak.

Belajar di alam terbuka juga dapat membuka wawasan berpikir anak sekolah dan belajar bukan hal yang membosankan tetapi justru menyenangkan.

"Belajar di alam terbuka akan membantu membuka pikiran siswa-siswi. Mereka akan berpikir bahwa belajar bukanlah kegiatan yang membosankan dan harus dilakukan di dalam kelas dengan situasi formal. Namun, belajar dapat dilakukan di mana saja dan menjadi kegiatan yang menyenangkan", Ungkap Joni Eko.

Kepala Sekolah SD Katolik Henes, Ibu Kristina mengucapkan terima kasih kepada TNI dari Satgas Yonif Raider 408/Sbh atas ketersediaannya membantu para guru yang ada di sekolah.

Kristina berharap dengan metode pembelajaran di alam terbuka ini dapat meningkatkan motifasi anak didiknya sehingga mereka lebih rajin dan giat untuk belajar. (Laporan Reporter POS- KUPANG.COM, Teni Jenahas)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved