Renungan Harian

Renungan Harian Katolik Jumat 14 Juni 2019, "Merawat Diri dan Hidup"

Renungan Harian Katolik Jumat 14 Juni 2019, "Merawat Diri dan Hidup" Oleh RD Florens Maxi Un Bria

Facebook/Florens Maxi Un Bria
Maxi Un Bria 

Renungan Harian Katolik
Jumat, 14 Juni 2019
Matius 5: 27- 32

Oleh RD Florens Maxi Un Bria

--

Merawat Diri dan Hidup

"Jika matamu yang kanan menyesatkan dikau, cungkillah dan buanglah, karena lebih baik bagimu satu anggota badanmu binasa daripada badanmu seutuhnya dicampakkan ke dalam neraka"( Mat 5 : 29).

Merawat diri, jiwa dan hidup itu mulia. Yesus mengajak para murid dan pendengar menaruh sikap hormat terhadap anggota tubuh dan kesucian jiwa.

Sikap hormat terhadap kesucian jiwa dan raga menjadi bagian syarat untuk menggapai kedamaian hidup dan tangga menuju kehidupan kekal.

Yesus menyadari bahwa godaan untuk menyalahgunakan anggota tubuh dapat menjadi penghalang bagi para murid dan para pengikut-Nya untuk mencapai kesempurnaan hidup dan keselamatan abadi.

Karena itu secara tegas Ia mengingatkan agar mata digunakan untuk memandang hal yang baik dan positif.Jiwa juga mesti diarahkan agar menginginkan hal-hal yang baik, indah dan positif.

Zinah, berikhtiar buruk, mengingini seseorang secara emosional tanpa kasih, berpikir dan bersikap negatif adalah sikap-sikap yang dapat menghalangi manusia masuk Kerajaan Surga.

Semoga kita mampu menjaga, merawat dan menghomati anggota tubuh kita sebagai ungkapan Kasih kita terhadap diri dan hidup.

Lebih dari itu sebagai pernyataan syukur untuk memuliakan Allah.

Bersatu dengan Allah dan sesama. Merawat keutuhan hidup dalam keluarga dan komunitas adalah penegasan Kasih kita terhadap Allah Sang Pencipta.

Doa. Tuhan terangilah hati dan mata kami agar mampu melihat hal yang indah, baik dan benar dalam hidup menurut kehendak-Mu. Amin.

Editor: Eflin Rote
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved