Pelaksanaan Operasi Ketupat Turangga 2019, Jumlah Kejahatan dan Kecelakaan Menurun di NTT

Pelaksanaan Operasi pengamanan hari raya Lebaran dengan sandi Operasi Ketupat Turangga 2019 ini dilaksanakan selama 13 hari

Pelaksanaan Operasi Ketupat Turangga 2019, Jumlah Kejahatan dan Kecelakaan Menurun di NTT
POS KUPANG/RYAN NONG
Wakapolda NTT Brigjen Pol Drs Johanis Asadoma membuka pita tugas dalam Apel penutupan operasi Ketupat Turangga 2019 di Lapangan Polda NTT pada Kamis (13/6/2019). 

Pelaksanaan Operasi Ketupat Turangga 2019, Jumlah Kejahatan dan Kecelakaan Menurun di NTT

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Jumlah kejahatan dan kecelakaan mengalami tren penurunan di wilayah NTT pada saat pelaksanaan Operasi Ketupat Turangga tahun 2019. Hal ini berkaca pada evaluasi operasi bila dibandingkan dengan pelaksanaan operasi pada tahun 2018.

Pelaksanaan Operasi pengamanan hari raya Lebaran dengan sandi Operasi Ketupat Turangga 2019 ini dilaksanakan selama 13 hari sejak 29 Mei hingga 10 Juni 2019.

Falam apel penutupan Operasi Ketupat Turangga 2019 yang berlangsung di Lapangan Polda NTT, jalan Soeharto Kecamatan Kota Raja Kota Kupang pada Kamis (13/6/2019) pagi, Wakapolda NTT Brigjen Pol Drs Johanis Asadoma bertindak sebagai inspektur upacara.

Dalam amanat yang dibacakan oleh Wakapolda, Kapolda NTT Irjen Pol Drs Raja Erizman menyampaikan bahwa operasi dalam bentuk harkamtibmas dengan melibatkan 3.269 personel gabungan baik dari Polri, TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP serta mitra Kamtibmas itu telah berhasil menekan angka kejahatan dan kecelakaan.

"Jumlah kejahatan mengalami penurunan sebesar 25,45 % dimana angka kejahatan konvensional turun 59,24 %, kejahatan Transnasional turun 100%, kejahatan yang merugikan kekayaan negara turun 100 %. Selain itu, kejahatan menonjol seperti anirat, curanmor, curas dan curat juga mengalami penurunan pada pelaksanaan operasi," bebernya.

Ini Komentari Pelatih Maung Bandung Robert Alberts Soal4 Pemain Potensial di Persib B

Pekan Perdana, Big Match Manchester United vs Chelsea. Intip YUK Jadwal Liga Inggris 2019-2020

Posisi Pelatih Persebaya Djanur Belum Aman, Ini yang Dilakukan Manajer Tim Arek Suroboyo

Selain menurunnya angka kejahatan, angka kecelakaan pun mengalami penurunan hingga 48,52%. Korban meninggal dunia akibat kecelakaan turun sebesar 45,45 %, korban luka ringan turun 66,94% namun untuk korban luka berat masih bertahan dengan jumlah tetap 19 orang seperti tahun 2018.

Untuk jumlah panggarangan lalu lintas, lanjutnya, mengalami menaikan sebesar 35,18%. Penindakan dalam bentuk teguran naik 144% sedang penindakan dalam bentuk tilang turun 49,74%.

Sedang untuk kejadian menonjol terdapat dua perkelahian kelompok warga yang menimbulkan korban meninggal dan luka luka yakni perkelahian kelompok warga di Adonara Kabupaten Flores Timur dan perkelahian kelompok warga di Naibonat Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang.

Keberhasilan ini, dijelaskannya merupakan bentuk sinergitas Polri TNI dan seluruh mitra pemangku kepentingan yang telah bertanggungjawab melaksanakan pengamanan dengan baik.

Bangun Budaya Ilmiah, Jikom Undana Gelar Fisip Corner, Yuk Simak!

Asprov PSSI NTT Gelar Rapat koordinasi El Tari Memorial Cup

"Operasi Ketupat yang dilaksanakan bersamaan dengan operasi Mantab Brata Pengamanan pemilu tahun 2019 telah dilaksanakan dengan baik. Operasi juga  berjalan dengan aman dan kondusif," tambah Brigjen Pol Jony Asadoma.

Selain menutup pelaksanaan operasi Ketupat, apel tersebut juga digelar dalam rangka persiapan pengamanan PHPU Sidang Putusan MK 2019 pada 14 Juni 2019 hingga 28 Juni 2019 mendatang.

Oleh karenanya, sidang perselisihan hasil pemilihan umum mulai 14 Juni hingga 28 Juni tersebut akan menjadi perhatian untuk melaksanakan pengamanan secara maksimal.

Hadir dalam apel gabungan tersebut, perwakilan Danem 161 Kupang, Wadan Lantamal VII Kupang, Asops Lanud El Tari Kupang. Tampak pula kepala kantor SAR Kupang, Kepala Jasa Raharja NTT, serta Ketua MUI NTT. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved