Nelayan Waingapu, Sumba Timur Mengeluh Tidak Ada TPI

Para nelayan di Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur mengeluh karema tidak ada pelabuhan untuk tempat pendaratan ikan (TPI).

Nelayan Waingapu, Sumba Timur Mengeluh Tidak Ada TPI
POS KUPANG/ROBERT ROPO
Perahu motor milik nelayan yang berlabuh di pantai Hambala. 

POS-KUPANG. COM/ROBERT ROPO
Perahu motor milik nelayan yang berlabuh di pantai Hambala.

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG. COM | WAINGAPU----Para nelayan di Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur mengeluh karema tidak ada pelabuhan untuk tempat pendaratan ikan (TPI).

Nelayan setempat, Fadli Njurumana kepada POS-KUPANG. COM, Kamis (13/6/2019) mengatakan sejauh ini tidak ada pelabuhan untuk TPI. Karena tidak ada TPI mereka sangat sulit ketika bongkar muat ikan. 

Tempat pembongkaran ikan selama ini, kata Fadli mereka memanfaatkan Pelabuhan Rakyat Waingapu di Kelurahan Hambala. Namun, kondisi pelabuhan itu untuk pelabuhan kapal motor besar, sehingga kondisi sangat tinggi dan mereka sangat sulit untuk melakukan pembongkaran ikan.

"Sejauh ini tidak ada TPI kami sulit bongkar muat ikan,"ungkap Fadli.

Fadli mengatakan perencanaan dari Pemerintah untuk membangun TPI sudah dari dulu, namun hingga kini belum terealisasi untuk pembangunan TPI itu. Lokasi pembangunan TPI itu direncanakan di pantai Manubara.

Intip YUK Lagu ULANGI Aaliyah Massaid Baru Dirilis, Cocok Bagi Putus Cinta

"Memang perencanaan bangun TPI itu sudah dari dulu, tapi belum terealiasi. Perencanaan untuk lokasi bangun TPI itu di Manubara katanya,"kata Fadli.

Nelayan lainya Djunaidi (40) juga menyampaikan hal yang sama.

Kata Djunaidi karena tak ada dermaga TPI, mereka sangat sulit untuk bongkar ikan. Untuk bisa membongkar ikan, mereka punya akal dengan membongjar ikan dari perahu motor ke sampan kecil baru dibawa ke darat.

Halaman
12
Penulis: Robert Ropo
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved