Ini Aturan Baru PSSI untuk Wasit Liga 2 2019

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia ( PSSI) menggelar penyegaran dan seleksi perangkat pertandingan untuk gelaran kompetisi Liga 22019 di Hotel Fa

Ini Aturan Baru PSSI untuk Wasit Liga 2 2019
Logo PSSI

POS KUPANG.COM -Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia ( PSSI) menggelar penyegaran dan seleksi perangkat pertandingan untuk gelaran kompetisi Liga 22019 di Hotel Fame, Gading, Serpong, Tangerang, pada Selasa (11/6/2019).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Juni Ardianto Rachman, anggota komite wasit PSSI, Yesaya Leithu, dan perwakilanAFC, Suresh Srinivasan.

Suresh Srinvasan merupakan instruktur wasit yang berasal dari India. Dalam acara tersebut, dia memberikan sosialisasi mengenai beberapa perubahan yang tertuang di dalam Laws of The Game FIFA edisi terbaru.

Sebelum Jumpa Madura United, Pelatih Djanur Minta Pemain Persebaya Lupakan Hasil Buruk

"Beberapa perubahan terbesar adalah pada aturan handsball yang berkaitan dengan kesempatan-kesempatan ketika itu dilakukan dengan disengaja atau tidak disengaja akan dihukum," kata Suresh.

Dalam aturan ini, gol akan dianulir jika bola terlebih dahulu menyentuh tangan pemain, baik disengaja ataupun tidak disengaja.

Selanjutnya adalah mengenai pergantian pemain saat meninggalkan lapangan. Suresh menjelaskan pemain yang diganti harus meninggalkan lapangan di garis batas terdekat.

Ini Nama Pemain Persib Bandung B yang Akan Membela Maung Bandung B di Liga 2

Artinya, pemain bisa keluar lapangan dari sisi mana pun. Peraturan ini dilakukan untuk menghindari praktik mengulur waktu yang biasa dilakukan oleh tim yang sedang dalam posisi unggul.

"Pemain yang digantikan harus meninggalkan lapangan bermain di garis batas terdekat, kartu kuning dan merah mulai diberlakukan untuk pelanggaran oleh ofisial tim," tutur Suresh. 

"Pemain tidak harus meninggalkan area penalti pada tendangan gawang dan tendangan bebas tim bertahan di area penalti," kata Suresh menambahkan. 

Terakhir adalah mengenai posisi kiper saat tendangan penalti. Perubahan hukum tambahan yang disetujui termasuk langkah-langkah untuk menghadapi pemain penyerang yang menyebabkan masalah di "pagar hidup" saat tendangan bebas. 

Halaman
12
Editor: Ferry Ndoen
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved