VIDEO: Tanam Sayur di Musim Kering, Petani Kaliuda Gunakan Alat Ini

VIDEO: Tanam Sayur di Musim Kering, Petani Kaliuda Gunakan Alat Seperti Ini, Penasaran?

VIDEO: Tanam Sayur di Musim Kering Pakai Alat Ini, Provociat Petani di Desa Kaliuda, Sumba Timur

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU - Para petani di Desa Kaliuda, Kecamatan Pahunga Lodu, Kabupaten Sumba Timur menanam sayuran di lahan mereka di musim kering.

Mereka menanam sayur di musim kering ini dengan memanfaatkan pompa barsha. Pompa barsha tersebut disewakan dari Yayasan Komunitas Radio Max Waingapu.

Petani setempat, Yulianus Layraga kepada POS-KUPANG. COM, Selasa (11/6/2019) mengatakan mereka menggunakan pompa barsha tersebut untuk memompa air dari sungai Kanggoa untuk mengairi kebun mereka dengan ketinggian 15 meter dari DAS sungai itu.

VIDEO: Bhabin Nampar Tabang dan Kepala BPP Masuk Sawah Bersama Kelompok Tani Suka Maju

VIDEO: Di Hadapan Ratusan ASN Pemkab Ende, Sekda Ende Mengatakan Hal Penting Ini

VIDEO: Sekda TTS Temukan Fakta Ini Saat Hari Pertama Masuk Kerja Usai Lebaran 2019

"Luas lahan sekitar 1 hektar, ada yang ditanam padi akan panen padi akhir Juni ini, air untuk sawah dapat dari bendungan, karena air masih ada dari musim hujan, musim kering air dari bendungan tidak cukup ke sawah itu. Jadi tahun ini setalah dipasang barsha sawah dengan luas sekitar 0.5 Ha ada di ketinggian sekitar 15 meter dari sungai akan ditanami sayur dan bawang merah,"jelas Yulianus.

Yulianus juga mengatakan, bukan hanya kebun itu saja, dengan memanfaatkan pompa barsha tanpa menggunakan BBM fosil tersebut juga mengairi kebun lain sekitar 0.5 Ha. Di kebun itu juga akan ditanami sayur putih, pitsai, kacang panjang dan jenis sayur lainnya.

"Sungai Kanggoa sebenarnya debit airnya sangat kecil tidak cukup untuk mendorong pompa barsha tapi dengan sedikit modifikasi dari tim kerja yayasan Komunitas Radio Max, maka air bisa dipompa ke ketinggian 15 meter untuk dapat mengairi lokasi kebun," tandasnya.

VIDEO: Bawa Senpi Rakitan dan Sajam, Lima Warga di Kota Kupang Diamankan

VIDEO: Hari Pertama Masuk Liburan Lebaran, Sekda NTT Ben Polo Maing Temukan Fakta

Ia juga mengatakan, Sabtu (9/6/2019) kemarin mereka sudah mulai menyemai bibit sayur dan rencananya pada minggu ini mereka akan siap untuk bibit sayur dipindahkan ke bedeng sayur.

Yulianus juga menyampaikan terima kasih kepada pihak yayasan Komunitas Radio Max Waingapu yang sudah bersediah menyewakan pompa barsha itu dan juga dengan setia memasang dan membimbing mereka untuk cara menanam sayuran yang baik.

"Jadi terima kasih berkat pompa barsha ini kami bisa tanam sayuran dan bawang di musim kering. Nanti hasilnya akan dapat memenuhi kebutuhan hidup kami di musim kemarau ini,"pungkas Yulianus. (POS-KUPANG.COM, Robert Ropo)

Nonton Videonya Di Sini :

Penulis: OMDSMY Novemy Leo
Editor: OMDSMY Novemy Leo
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved