Dinas Perpustakaan TTS Gelar Lomba Bercerita dan Pidato, Ini Tujuannya

Dinas Perpustakaan Kabupaten TTS menggelar lomba bercerita untuk tingkat SD dan lomba pidato untuk tingkat SMP/SMA, Selasa(11/6/2019) di aula Losmen

Dinas Perpustakaan TTS Gelar Lomba Bercerita dan Pidato, Ini Tujuannya
Pos Kupang.com/Dion Kota
Sekda TTS, Marthen Selan sedang memberikan sambutan sebelum membuka dengan resmi kegiatan lomba bercerita dan pidato di aula Losmen Anda.i kegiatan lomba bercerita dan pidato di aula Losmen Anda. 

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Dion Kota

POSKUPANG.COM, SOE - Dinas Perpustakaan Kabupaten TTS menggelar lomba bercerita untuk tingkat SD dan lomba pidato untuk tingkat SMP/SMA, Selasa(11/6/2019) di aula Losmen Anda. Perlombaan ini akan berlangsung selama dua hari hingga Rabu esok.

Sekda TTS, Marthen Selan dalam sambutannya ketika membuka kegiatan lomba bercerita dan pidato tingkat Kota Soe mengatakan, kegiatan perlombaan tersebut merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan sumber daya manusia khusus pelajar di Kota Soe.

Melalui perlombaan itu, peserta didik diajarkan untuk berani tampil dan berbicara di depan umum. Hal ini sangat penting dalam mengasah mental dan publik speaking para pelajar.

Pemda Sumba Barat Daya Usul CPNS dan PPPK Tahun 2019 Sebanyak 1.065 Orang, Ini Infonya

Oleh sebab itu, kedepan dirinya berharap perlombaan serupa bisa digelar di seluruh kecamatan di Kabupaten TTS dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia.

" Ini kegiatan yang positif untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, baik secara akademik maupun mental. Karena tidak bisa kita pungkiri masih banyak anak-anak kita yang gemetar kalau diminta tampil ke depan. Oleh sebab itu, perlombaan seperti ini bisa mengasah mental anak-anak kita," ungkap Marthen.

Untuk diketahui, perlombaan bercerita dan pidato hanya diikuti oleh 51 peserta perwakilan dari 23 sekolah tingkat SD,SMP dan SMA di wilayah Kota Soe.

Minimnya peserta perlombaan diakui Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten TTS, Alex Nakamnanu sebagai dampak dari minimnya anggaran yang dialokasikan untuk kegiatan tersebut.

Persib Bandung Tiru Klub Eropa Bentuk Tim Satelit ? Ini Kata Pelatih Maung Bandung Robert Alberts

Selain perlombaan bercerita dan pidato, dalam kegiatan tersebut juga diseleksi calon duta baca pelajar Kabupaten TTS. Diharapkan dengan adanya duta baca bisa memotivasi pelajar di Kabupaten TTS untuk rajin membaca dan mengunjungi perpustakaan daerah.

Pasalnya diakui Alex, tingkat kunjungan pelajar ke perpustakaan daerah masih minim. Hal ini tak lepas dari keberadaan internet.

" Alokasi anggaran kita masih terbatas sehingga jumlah peserta lomba juga kita batasi. Jika alokasi anggaran di tambah maka sesuai arahan pak sekda lomba serupa bisa kita gelar di 32 kecamatan di Kabupaten TTS," sebutnya. (*)

Sekda TTS, Marthen Selan sedang memberikan sambutan sebelum membuka dengan resmi kegiatan lomba bercerita dan pidato di aula Losmen Anda.

Penulis: Dion Kota
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved