Cium Bendera Merah Putih, 4 Mantan Anggota OPM Resmi Kembali ke NKRI, Siapa Saja Mereka?

Cium Bendera Merah Putih, 4 Mantan Anggota OPM Resmi Kembali ke NKRI, Siapa Saja Mereka

Cium Bendera Merah Putih, 4 Mantan Anggota OPM Resmi Kembali ke NKRI, Siapa Saja Mereka?
KOMPAS.com/ISTIMEWA
Talengga Gire saat mencium Bendera Merah Putih sebagai tanda setia terhadap NKRI, Selasa (11/6/2019) 

Cium Bendera Merah Putih, 4 Mantan Anggota OPM Resmi Kembali ke NKRI, Siapa Saja Mereka

POS-KUPANG.COM | TIMIKA - Empat anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) dari Organisasi Papua Merdeka ( OPM), secara resmi kembali ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Selasa (11/6/2019).

Keempatnya yakni Talengga Gire Alias Weginus Gire, Piningga Gire (25 ), Tekiles Tabuni (30) dan Perengga (27).

Rencana Laporkan Majalah Tempo, Mantan Komandan Tim Mawar Konsultasi dengan Bareskrim

Telangga merupakan mantan ajudan Goliat Tabuni, yang merupakan panglima tinggi OPM. Resminya, mantan anggota OPM kembali ke NKRi ini ditandai dengan upacara yang berlangsung di lapangan Roh Kudus Jalan Papua, Distrik Pagaleme, Kabupaten Puncak Jaya, Selasa pagi.

Bertindak selaku Inspektur upacara Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda, sedangkan komandan upacara Kapten Czi Ferdian Nuary (Pasi Pers Kodim 1714/PJ).

Saat Kerusuhan 21-22 Mei, Aparat Keamanan Diserang Benda-benda Mematikan

Para mantan anggota OPM itu juga mencium bendera Merah Putih sebagai tanda telah resmi kembali ke NKRI.

Kapendam 17 Cenderawasih Kolonel Inf M Aidi mengatakan, dalam upacara itu juga dihadiri Wakil Bupati Puncak Jaya Denias Geley, Dandim 1714/PJ Ltk Inf Agus Sunaryo, Kapolres AKBP Ari Purwanto, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Dalam rangkaian upacara tersebut ditandai dengan penyerahan sepucuk senjata api jenis Mouser No, senjata 323 R berserta tiga butir munisi kaliber 7.62 mm, yang menurut pengakuan Talengga, senjata tersebut adalah hasil rampasan pada saat aksi penyerangan Polsek Karubaga Kabupaten Tolikara pada 2013.

Selain itu, juga ditandai dengan penandatanganan surat ikrar kembali nya ke pangkuan NKRI Talengga Gire beserta tiga rekannya.

"Sedangkan peserta upacaranya meliputi ASN, unsur masyarakat dan unsur TNI/Polri," kata Aidi dalam keterangan tertulisnya, Selasa sore.

"Upacara ini juga disaksikan ratusan warga masyarakat Mulya yang antusias menonton dari pinggir lapangan," tambahnya.

Tujuan upacara ini adalah untuk mengumumkan kepada warga Kabupaten Puncak Jaya, bahwa pemerintah daerah telah secara resmi menerima mereka yang semula tergabung dalam KKB.

Mereka telah kembali ke pangkuan NKRI dan akan menjalani kehidupan normal sebagai masyarakat biasa. (Kompas.com/Irsul Panca Aditra)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cium Bendera Merah Putih, 4 Mantan Anggota OPM Resmi Kembali ke NKRI",

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved