Evaluasi Operasi Ketupat Turangga 2019, Polda NTT Tangani Dua Kasus Menonjol, Apa Saja?

Evaluasi Operasi Ketupat Turangga 2019, Polda NTT Tangani Dua Kasus Menonjol, Apa Saja?

Evaluasi Operasi Ketupat Turangga 2019, Polda NTT Tangani Dua Kasus Menonjol, Apa Saja?
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Evaluasi Operasi Ketupat Turangga 2019, Polda NTT Tangani Dua Kasus Menonjol, Apa Saja? 

Evaluasi Operasi Ketupat Turangga 2019, Polda NTT Tangani Dua Kasus Menonjol, Apa Saja?

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Pelaksanaan Operasi Ketupat Turangga tahun 2019 di wilayah hukum Kepolisian Daerah (Polda) Nusa Tenggara Timur (NTT) diwarnai dua kasus atau kejadian menonjol.

Dua kasus tersebut terjadi hanya berselang sehari. Pertama kasus perkelahian antar kelompok warga di Adonara Tengah Kabupaten Flores Timur pada Rabu (5/6/2019) dan kedua kasus perkelahian antar kelompok warga di Manusak, Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang pada Kamis (6/6/2019).

20 ASN Eks Napi Koruptor di TTU Dipecat dengan Tidak Hormat

Karo OPS Polda NTT Kombes Pol Rudy Kristantyo yang bertindak sebagai Kasatgas kepada POS-KUPANG.COM pada Senin (10/6/2019) mengatakan kedua kasus yang melibatkan kelompok warga tersebut mengakibatkan jatuhnya korban meninggal dunia.

Kasus pertama, papar Rudy, terjadi pada Rabu (5/6/2019) sekira pukul 10.00 Wita bertempat di Lapangan Umum Desa Wewit Kecamatan Adonara Tengah Kabupaten Flores Timur. Saat itu, terjadi perkelahian antar kelompok pemuda desa Wewit dengan kelompok pemuda desa Klibang Nubalema 2.

Kadis Lingkungan Hidup Nagekeo Ajak Masyarakat Tanam Anakan Pohon di Pesisir Pantai

Kronologis kasus tersebut menurut Rudy, berawal dari adanya penganiayaan yang dilakukan oleh seorang warga Desa Wewit terhadap seorang pemuda desa Klibang Nubalema 2. Buntut dari penganiayaan tersebut, para pemuda dari desa Klibang mencari pelaku di Desa Wewit sehingga perkelahian antar kelompok itu pecah. Akibat kejadian tersebut, seorang warga bernama Salim Abdulah meninggal dunia, sedangkan tiga rekannya yang lain mengalami luka luka. Mereka merupakan kelompok pemuda dari Desa Klibang.

Selanjutnya, jelas Rudy, pada Kamis (6/6/2019) terjadi kembali kejadian serupa. Pada pukul 02.00 Wita terjadi perkelahian antara kelompok warga Desa Manusak di perumahan 100 Desa Manusak Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang.

Akibatnya, korban atas nama Ramos Horta Soares (19) meninggal dunia karena mendapat tikaman. Akibat kejadian itu, terjadilah aksi balas dendam sehingga mengakibatkan satu unit rumah milik Gaspar Doa Santos rusak berat. Selain itu, sebuah sepeda motor Supra X125 ikut dibakar massa.

Selain dua kasus menonjol tersebut, berdasarkan data Operasi Ketupat Turangga 2019, terjadi 33 kejadian/kejahatan selama pelaksanaan operasi. Kejadian atau kejahatan tersebut terdiri dari dua kasus curanmor, tiga kasus ancaman berat serta 28 kasus kecelakaan lalu lintas.

Dalam operasi Ketupat tahun ini, tidak ditemukan adanya kejadian pencurian dengan pemberatan (curat) dan pencurian dengan kekerasan (curas) serta pencurian dengan senjata api. Demikian pula tidak ada kejadian kecelakaan di perairan maupun di udara. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved