Cinta Buku dan Menulis, Pater Stef Bangun Rumah Baca di Lewoleba

Karena Cinta Buku dan Menulis, Pater Steph Tupeng Witin Bangun Rumah Baca di Lewoleba

Cinta Buku dan Menulis, Pater Stef Bangun Rumah Baca di Lewoleba
POS-KUPANG.COM/Foto Pater Steph Tupeng Witin
Inilah aktivitas di Rumah SVD Waikomo, Kelurahan Lewoleba Barat, Kecamatan Nubatukan, Kabupaten Lembata, Propinsi Nusa Tenggara Timur. 

Karena Cinta Buku dan Menulis, Pater Steph Tupeng Witin Bangun Rumah Baca di Lewoleba

POS-KUPANG.COM | MAUMERE - Makin memudarnya kecintaan kepada buku dan menulis di era milenial mendorong Pater Steph Tupeng Witin, SVD mendirikan Oring (Rumah) Literasi Soverdi Bukit Waikomo.

Letak di Rumah SVD di Waikomo, Kelurahan Lewoleba Barat, Kecamatan Nubatukan, Kabupaten Lembata, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Setiap hari murid SD hingga SMA mengunjungi rumah itu.

Di TTS 143 ASN Tidak Masuk Kantor Hari Pertama Pasca Libur Lebaran

"Aktivitas sudah dimulai bulan Maret 2019. Tetapi gerakan ini mulai sejak bulan Oktober 2018," ujar Pater Stef Witin, kepada POS-KUPANG.COM, Senin (10/62019) sore.

Mulanya, kata Pater Steph, ia menyusun proposal kepada pimpinan SVD Ende. Inisiatifnya mendapatkan respons dan dukungan yang sangat positif.

"Oring ini sekaligus menjadi Pusat Kerasulan Kitab Suci SVD di Lembata. Saya ingin menanamkan semangat cinta buku dan melatih orang untuk menulis," ujar Pater Steph Witin.

Bantah Isu Retak, Bupati TTS Sebut Pengisian Jabatan Lowong Menuggu Izin Kemendagri

Pemimpin Umum Harian Flores Pos menuturkan, Oring, bahasa Lamaholot berarti pondok singgah di ladang atau kebun, tempat orang istirahat, minum tuak dan makan ibu pisang.

"Rumah baca kita mulai dengan ruangan yang ada di Soverdi Bukit Waikomo. Rencana, kita akan menjadikan bukit di depan Soverdi sebagai Oring Literasi. Kita akan bangun aula sebagai ruang diskusi, pentas seni dan aktivitas intelektual lain. Kita juga akan bangun rumah baca dan Museum Jejak Kaki Misionaris SVD di tanah Lembata. Semua bangunan dari bahan lokal yaitu bambu. Kita baru menata bukit dengan jaringan internet," imbuh Pater Stef. (laporan reporter pos-kupang.com,eginius mo'a).

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved