SBY Masih Berkabung, Sementara Tak Bicara soal Demokrat

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono masih dalam suasana berkabung atas kepergian sang istri Kristiani Herawati atau Ani Yudhoyono.

SBY Masih Berkabung, Sementara Tak Bicara soal Demokrat
KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan sambutan dalam pembukaan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat tahun 2018 di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (10/03/2018). 

SBY Masih Berkabung, Sementara Tak Bicara soal Demokrat

POS KUPANG.COM, BOGOR -- Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono masih dalam suasana berkabung atas kepergian sang istri Kristiani Herawati atau Ani Yudhoyono.

Karena itu, dalam beberapa waktu ke depan, SBY masih akan fokus pada kegiatan yang berkaitan dengan keluarganya terlebih dahulu ketimbang agenda partai politik.

Demikian diungkapkan Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Pandjaitan di kediaman SBY, Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Jumat (7/6/2019) malam.

"Kemarin kami berdiskusi dengan beliau (SBY). Beliau masih berduka dan akan (beraktivitas) di rumah Cikeas. Mungkin pekan depan bisa ke (kediaman di) Kuningan, tapi kembali lagi ke Cikeas," ujar Hinca.

Ini 5 Fakta Bom Bunuh Diri di Sukoharjo, Pelaku Berbaiat dengan ISIS hingga Nyicil Beli Komponen Bom

Ini Syaikh Tamim, Emir Qatar Termuda Libur ke Maumere: Kakek Dikudeta, hingga Sapa Jokowi

"Tapi itu juga semua kegiatan ini masih internal keluarga. Masih berkenaan dengan keluarga ya. Tidak ada bicara partai atau yang lain sama sekali," lanjut dia.

Menurut Hinca, hal itu tidak berdampak negatif terhadap putaran roda partai. Sebab, sudah ada mekanisme yang mengatur jalannya birokrasi partai.

Lagipula, lanjut Hinca, saat ini belum ada agenda internal partai yang membutuhkan SBY turun secara langsung.

Bentrok di Naibonat, Keluarga Korban Ramos Horta Desak Polisi 3x24 Jam Tangkap Pelaku Penikaman

Bentrokan Berdarah Adonara, Polisi Tangkap Tujuh Pelaku, Polres Sikka Kirim Personil

"Teknis kegiatan kepartaian, saya masih dapat menjalankannya. Karena saat ini paling masih fokus (memantau sengketa hasil Pemilu 2019) di Mahkamah Konstitusi," ujar Hinca.

Selain itu, lantaran masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah, banyak kader serta fungsionaris partai yang masih ber-Lebaran dengan sanak familinya.

AS Tak Bakal Terima Pilot Jet Tempur F-35 dari Turki, Buntut Masalah S-400, Memalukan Buat Turki

Rusia Tuduh Kapal Perang AS Lakukan Manuver Berbahaya, Kapal Perangnya Hampir Bertabrakan

Dengan demikian, Hinca memprediksi roda partai akan mulai bergerak aktif setelah tanggal 11 Juni 2019.

Namun, belum dapat diketahui apakah SBY akan mulai terjun langsung mengurusi partai atau tidak.*

 Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Masih Berkabung, SBY Sementara Tak Bicara soal Demokrat", https://nasional.kompas.com/read/2019/06/07/20231881/masih-berkabung-sby-sementara-tak-bicara-soal-demokrat

Editor: Alfred Dama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved