Di Kabupaten TTS-NTT, Karpet Hijau dan Barisan Pohon Pinus Hutan To'menas yang Mempesona

Hutan To'menas menawarkan pesona alam yang sangat indah. Hamparan padang rumput hijaunya yang membentang luas bagaikan sebuah karpet

Di Kabupaten TTS-NTT, Karpet Hijau dan Barisan Pohon Pinus Hutan To'menas yang Mempesona
Pos Kupang.com/Dion Kota
keindahan Hutan To'menas di Desa Fatukoto, Kecamatan Mollo Utara, Kabupaten TTS 

POS KUPANG.COM -Kabupaten TTS diberkati sang pencipta dengan Pesona alam yang begitu indah. Salah satunya adalah Hutan To'menas yang terletak di Desa Fatukoto, Kecamatan Mollo Utara Kabupaten TTS.

Hutan To'menas menawarkan pesona alam yang sangat indah. Hamparan padang rumput hijaunya yang membentang luas bagaikan sebuah karpet yang dibentangkan sang pencipta sebagai alasnya. Di atas "karpet" nanhijau, tumbuh begitu subur pepohonan pinus yang berderet rapi laksana tentara yang sedang berbaris.

Di sela-sela pepohonan pinus yang berderet rapi bisa kita jumpai kuda-kuda milik warga yang dilepas di Hutan To'menas.

BREAKING NEWS- Bentrok antar Perguruan Bela Diri di Naibonat, Kabupaten Kupang-NTT,1 Orang Tewas

Pohon pinus yang berada di hutan To'menas sudah berusia puluhan hingga mencapai seratus tahun.

Batang pohon pinus nampak berlumut karena suhu di kawasan Hutan To'menas terbilang cukup dingin. Saat sore hari, suhunya berada di kisaran 20 hingga 23 derajat. Namun saat malam hingga dini hari, suhu di kawasan Hutan To'menas bisa turun hingga 17 derajat. Hal ini membuat kawasan ini selalu lembab.

Ini Fakta Sebenarnya ! Pelaku Bom Bunuh Diri Kartasura Terima Doktrin dan Dibaiat Oknum Ini

Sebuah jalan berstatus jalan propinsi dibangun membelah kawasan Hutan To'menas. Jalan propinsi ini dibangun berkelok-kelok melingkari punggung bukit Hutan To'menas. Lekukan jalan propinsi yang masih beralaskan sertu ini semakin mempercantik pemandangan di Hutan To'menas.

Saat berada di kawasan Hutan To'menas bisa kita jumpai warga setempat yang masih menggunakan kuda sebagai alat transportasi. Kuda yang berada di Desa Fatukoto memiliki ciri berbulu tebal dan tidak terlalu tinggi.

Warga Desa Fatukoto terbilang sangat ramah. Warga setempat tak sungkan untuk menyapa para pengunjung yang menikmati keindahan Hutan To'menas. Warga juga tak keberatan jika para pengunjung hendak meminta bantuan untuk mengambil gambar.

Harga Baju Lebaran Nagita Slavina Hingga Puluhan Juta, Begini Keterkejutan Raffi Ahmad

Yohanes Baun, warga Fatukoto yang ditemui pos kupang.com di kawasan Hutan To'menas mengaku sudah terbiasa dengan pengunjung yang datang berwisata di kawasan Hutan To'menas. Dirinya juga tak sungkan ketika diambil gambarnya saat sedang menunggangi kuda bersama anaknya.

" Di sini biasa orang datang foto-foto atau hanya sekedar melihat keindahan alam hutan Pinus ini. Kami sudah biasa menjumpai orang luar yang datang berwisata ke tempat ini," ungkap Baun.

Ini Penyebab Jatah Liburan Bek Persib Bandung Tertunda

Kawasan Hutan To'menas berada sekitar 40 Km dari Kota Soe ke arah kapan. Untuk mencapai Hutan To'menas bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Hanya butuh waktu sekitar 45 menit dari Kota Soe, Ibu Kota Kabupaten TTS untuk mencapai obyek wisata yang satu ini.

Bagi anda yang ingin berwisata ke tempat ini sebaiknya menggunakan jaket atau pakaian tebal lainnya. Jangan lupa membawa perbekalan makan dan minuman karena tidak ada warga yang berjualan di kawasan Hutan To'menas. (Laporan Reporter Dion Kota)

Penulis: Dion Kota
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved