Mobil Tidak Perlu Dipanaskan Jika Ingin Bepergian. Ini Penjelasannya

Sebelum berpergian menggunakan mobil, pemilik kendaraan memiliki kebiasaan untuk memanaskan mesin mobil. Terkadang, ada yang memanaskannya hingga

Mobil Tidak Perlu Dipanaskan Jika Ingin Bepergian. Ini Penjelasannya
dokumen
Ilustrasi- Toyota Corolla GR Sport Hybrid 

POS KUPANG.COM -Sebelum berpergian menggunakan mobil, pemilik kendaraan memiliki kebiasaan untuk memanaskan mesin mobil. Terkadang, ada yang memanaskannya hingga bermenit-menit. Padahal, dengan teknologi sekarang sudah tidak perlu lagi melakukan kebiasaan tersebut.

Kebiasaan memanaskan mesin mobil dahulu perlu dilakukan, karena material komponen mesin dan juga kemampuan pelumasnya, tidak bisa membuatpelumas menetap di dinding-dinding komponennya.

Intip YUK Warna Baju Lebaran Anang Hermansyah dan Ashanty ! Ini Alasannya

Jika tidak dipanaskan, bagian dalam komponen akan tidak terlumasi dengan baik. Sehingga, mesin mobil berisiko mengalami kerusakan di bagian dalamnya.

Didi Ahadi, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan bahwa tidak perlu lagi memanaskan mobil. Mobil bisa langsung digunakan sejak mesin pertama kali dihidupkan.

Ini Strategi Hingga Madura United dan Bali United Tak Terkalahkan

"Sekarang sistem pelumasannya sudah bagus, sehingga oli tidak semua turun ke penampungan oli di bawah. Teknologi pada mesin yang membuatnya bisa seperti itu. Hampir semua mobil sekarang ini juga sudah menerapkan teknologi tersebut," ujar Didi, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Reino Barack Elus Perut Syahrini ! Incess Sedang Hamil?

Bambang Supriyadi, Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor, menambahkan bahwa waktu ideal memanaskan mobil juga bisa dilihat pada lampu indikator oli.

"Jika lampu indikator oli pada odometer padam, maka mobil sudah bisa jalan. Tidak perlu tunggu satu menit, lima menit, atau sepuluh menit. Teknologi dan material pada mobil saat ini juga sudah mumpuni," kata Bambang. (*)

Ada program pembelian menarik buat Honda Mobilio di GIIAS 2018
Ada program pembelian menarik buat Honda Mobilio di GIIAS 2018 (Dio / GridOto.com)
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved