Kali Pertama, Palestina Rayakan Idul Fitri Beda Hari dengan Saudi, Ini Alasannya

Kali Pertama, Palestina Rayakan Idul Fitri Beda Hari dengan Saudi, Ini Alasannya

Kali Pertama, Palestina Rayakan Idul Fitri Beda Hari dengan Saudi, Ini Alasannya
KOMPAS.com/AFP/MAHMUD HAMS
Warga Palestina berbelanja di pasar menjelang liburan Idul Fitri di Gaza City pada 2 Juni 2019. 

Kali Pertama, Palestina Rayakan Idul Fitri Beda Hari dengan Saudi, Ini Alasannya

POS-KUPANG.COM | GAZA CITY - Palestina mulai merayakan Idul Fitri pada hari yang berbeda dengan Arab Saudi untuk kali pertama sejak 1994. Pasalnya, terdapat perbedaan dalam penampakan bulan.

Meski demikian, beberapa orang masih mempertanyakan hal tersebut. Sebuah pernyataan oleh Mufti Besar Yerusalem dan wilayah Palestina yang disiarkan media resmi menyebutkan, Idul Fitri akan dimulai pada Rabu (5/6/2019), sehari lebih lambat dari Arab Saudi.

Di India, Biaya Sekolah Dibayar Pakai Sampah Plastik

Sejumlah warga Palestina menilai keputusan tersebut mungkin terkait dengan politik jelang pembukaan rencana AS untuk perdamaian Israel-Palestina.

Seperti diketahui, Saudi memiliki hubungan dekat dengan pemerintahan Presiden AS Donald Trump. Di sisi lain, pejabat Palestina dengan tegas membantah klaim terkait perbedaan perayaan Idul Fitri.

Kepala Dewan Islam Tertinggi di Yerusalem, Ekrama Sabri, mengatakan untuk kali pertama sejak Otoritas Palestina dibentuk pada 1994, perayaan Idul Fitri jatuh pada hari yang berbeda dengan Saudi.

Saat Open House Risma Berikan Kursi Roda Kepada Satu Anak Penyandang Disabilitas

"Kami di Palestina tidak memiliki alat seperti yang ada di Arab Saudi dan geografi negara kami tidak membantu melihat bulan," katanya kepada AFP.

Dia membantah adanya masalah politik. Dia mencontohkan Mesir, yang juga sekutu dekat Saudi, akan memulai perayaan Idul Fitri pada Rabu.

Kelompok Islam Palestina menolak untuk menerima keputusan mufti. Mereka akan mempertimbangkan Idul Fitri untuk dimulai pada Selasa.

Seperti diketahui, Palestina telah berusaha untuk memblokir rencana perdamaian AS, dengan menuding Trump lebih pro-Israel. Akhir bulan suci Ramadhan memang diputuskan berdasarkan penampakan bulan baru.

Namun, dua negara yang berseteru, Saudi dan Iran, telah lama memilih hari raya Idul Fitri yang berbeda. Idul Fitri tahun ini jatuh pada Selasa (4/6/2019) di Arab Saudi dan Rabu (5/6/2019) di Iran. (Kompas.com/Veronika Yasinta)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kali Pertama, Palestina Rayakan Idul Fitri Beda Hari dengan Saudi",

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved