Tak Terjangkau Air Irigasi, Sawah 23 Hektar di Siru Lembor Ditanami Kacang Hijau

Lahan sawah irigasi Lembor Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) seluas 23 hektar, tepatnya di Desa Siru tidak terjangkau oleh aliran air irigasi

Tak Terjangkau Air Irigasi, Sawah 23 Hektar di Siru Lembor Ditanami Kacang Hijau
POS KUPANG/SERVAN MAMMILIANUS
Tanam simbolis Kacang Hijau di Siru. 

Tak Terjangkau Air Irigasi, Sawah 23 Hektar di Siru Lembor Ditanami Kacang Hijau

POS-KUPANG.COM | LABUAN BAJO--Lahan sawah irigasi Lembor Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) seluas 23 hektar, tepatnya di Desa Siru tidak terjangkau oleh aliran air irigasi pada Musim Tanam (MT) kedua tahun 2019 ini akibat debit air yang menurun.

Namun lahan tersebut tetap bisa dimanfaatkan untuk ditanami Kacang Hijau.

Budi daya Kacang Hijau pada lahan milik Kelompok Tani Tanjung Harapan Raminara itu sudah dilakukan secara simbolis oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Mabar, Anggalinus Gapul.

Kepala Desa Siru Sumardi, menyampaikan itu kepada POS--KUPANG.COM, Selasa (4/6/2019).

"Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Mabar sudah melakukan tanam simbolis Kacang Hijau untuk lahan seluas 23 hektar yaitu di Kelompok Tani Tanjung Harapan Raminara," kata Sumardi.

Penanaman Jagung di Malaka Tahun 2019 Mencapai 25.091 Hektare

BERITA POPULER: Bom di Solo Jin BTS Ikut Wajib Militer & SBY Keberatan Atas Pernyataan Prabowo

Ramalan Zodiak Hari Ini Selasa 4 Juni 2019, Aries Begitu Menggoda Virgo Protektif Libra CLBK

Dia mengapresiasi langkah pemerintah daerah Kabupaten Mabar untuk mengintervensi program budidaya Kacang Hijau di daerah hilir Persawahan Lembor yang kurang mendapat pasokan air pada musim tanam dua.

Sementara itu Anggalinus menyampaikan bahwa selain Kacang Hijau, tanaman jagung dan kedelai juga menjadi perhatian pemerintah.

Anggalius menyampaikan bahwa pada MT kedua tahun 2020 nanti akan ditanami jagung pada lahan itu.

"Saya mengharapkan agar para penyuluh untuk terus memantau dan menginformasikan perkembangan pertumbuhan Kacang Hijau di Kelompol Tani Tanjung Harapan," kata Anggalinus.

Ketua Kelompok Tani Tanjung Harapan Ahmad Efendi, mengucapakan terima kasih kepada pemerintah atas perhatian dan bantuan bibit kacang hijau dan obat- obatan.

Selain Kepala Dinas, Kepala Desa dan penyuluh, penanaman simbolis itu juga dihadiri Koramil Lembor, PPL pendamping dan angggota Kelompok Tani Tanjung Harapan.(Laporan Reporter POS--KUPANG.COM, Servatinus Mammilianus)

Penulis: Servan Mammilianus
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved