Ramadan 1440 H

Umat Islam di Kupang Laksanakan Shalat Tarawih Ibadah Puasa Hari Ke-29

Memasuki hari puasa ke-29 pada Senin (3/6/2019), umat Islam di Kupang, ibukota Nusa Tenggara Timur, melaksanakan shalat tarawih berjamaah

Umat Islam di Kupang Laksanakan Shalat Tarawih Ibadah Puasa Hari Ke-29
NU Online
Shalat Tarawih 

Umat Islam di Kupang Laksanakan Shalat Tarawih Ibadah Puasa Hari Ke-29

POS-KUPANG.COM, KUPANG -- Memasuki hari puasa ke-29 pada Senin (3/6/2019), umat Islam di Kupang, ibukota Nusa Tenggara Timur, melaksanakan shalat tarawih berjamaah di masjid-masjid selepas isya'.

Pantauan POS-KUPANG.COM pada Senin malam, ratusan umat memenuhi masjid-masjid untuk melaksanakan salat sunnah yang hanya dilakukan khusus pada bulan ramadan ini. Seperti terpantau di Masjid raya Nurussa'adah di Jalan Soekarno Kecamatan Kota Raja, Masjid Al Muttaqin Walikota Kupang, Masjid Nurul Iman Oebobo, Masjid Al Fatah Kampung Solor, Masjid Al Istiqomah TDM serta Masjid Nurul Hidayah Kelapa Lima, Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang NTT.

Shalat dimulai sekira pukul 20.00 Wita dan umat memenuhi masjid untuk melaksanakan shalat yang hukumnya sunnah muakkad (sangat penting) sebagaimana tersebut dalam hadits Nabi SAW.

“Sesungguhnya Allah telah memfardhukan puasa Ramadhan dan aku telah mensunatkan qiyamnya (shalat di malam harinya). Karena itu, barangsiapa berpuasa di bulan Ramadhan dan shalat di malam harinya karena iman dan ihtisab (mengharap pahala dan ridha dari Allah), maka keluarlah dosanya sebagaimana pada hari dia dilahirkan oleh ibunya," (HR. Bukhari, Muslim, Abu Daud, dan Tirmidzi).

Sesuai dengan hasil Sidang Isbat, maka pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan 1 Syawal 1440 Hijriah jatuh pada 5 Juni 2019.

Penetapan ini dilakukan setelah Kemenag menggelar sidang isbat, Senin (3/6/2019) malam, di Kementerian Agama, Jakarta. Sidang isbat dipimpin oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Dari pantauan hilal yang dilakukan, tidak ada satu pun yang berhasil melihat hilal.Oleh karena itu maka, bulan Ramadhan tahun ini digenapkan menjadi 30 hari. Hal tersebut berarti pada Selasa masih dilaksanakan puasa karena masih Ramadhan. (*)

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong

Penulis: Ryan Nong
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved