Pemkab Ende Bangun Lagi Dermaga di Nangakeo

Pemerintah Kabupaten Ende ( Pemkab Ende) tahun ini membangun lagi dermaga di Nangakeo, Desa Bheramari, Kecamatan Nangapanda, Kabupaten Ende

Pemkab Ende Bangun Lagi Dermaga di Nangakeo
POS-KUPANG.COM/ROMUALDUS PIUS
Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan Kabupaten Ende, Bernabas L Wangge 

POS-KUPANG.COM |ENDE - Pemerintah Kabupaten Ende ( Pemkab Ende) tahun ini membangun lagi dermaga di Nangakeo, Desa Bheramari, Kecamatan Nangapanda, Kabupaten Ende yang letaknya berdekatan dengan Dermaga Nangakeo yang lama.

Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan Kabupaten Ende, Bernabas L Wangge mengatakan hal itu kepada POS-KUPANG.COM, Senin (3/6/2019) saat dikonfirmasi terkait dengan pelaksanaan pembangunan dermaga di Nangakeo, Desa Bheramari, Kecamatan Nangapanda, Kabupaten Ende.

Kelebihan Muatan, Penumpang Mudik ke Pemana Diturunkan

Bernabas mengatakan rencana pembangunan Dermaga Nangakeo yang baru sudah mendapatkan persetujuan dari Dirjen Perhubungan Laut RI dan pada tahun ini siap untuk dikerjakan.

"Kalau soal dana untuk sementara belum bisa diumumkan karena memang belum turun namun yang pasti bahwa tahun ini dermaga tersebut siap untuk dikerjakan," kata Bernabas.

Bernabas mengatakan bahwa alasan dikerjakakan dermaga yang baru di Nangakeo untuk mendukung pendaratan kapal pada setiap musim karena dermaga yang lama hanya pada musim tertentu saja.

Penangguhan Penahanan Dikabulkan, Koordinator Relawan IT BPN Hirup Udara Bebas

"Letak dermaga yang baru hanya beberapa meter dari dermaga yang lama jadi keberadaan kedua dermaga saling mendukung dalam proses pendaratan kapal,"kata Bernabas.

Bernabas mengatakan bahwa meskipun di Nangakeo akan dibangun dermaga yang baru namun Dermaga Nangakeo yang lama tidak dibongkar namun tetap dipertahankan serta akan dilakukan renovasi pada tahun ini juga.

Menurut Bernabas keberadaan Dermaga Nangakeo yang lama kondisinya masih baik hanya ada beberapa bagian dermaga yang rusak sehingga perlu diperbaiki agar bisa beroperasi kembali.

"Pada awalnya kita berpikir untuk membongkar Dermaga Nangakeo secara keseluruhan dan dibangun yang baru pada tempatnya yang setelah ditinjau di lapangan menunjukan bahwa Dermaga Nangakeo yang lama masih baik maka tidak perlu dirubah dan hanya diperbaiki beberapa bangunan yang rusak,"kata Bernabas.

Menurut Bernabas keberadaan Dermaga Nangakeo yang lama masih dipertahankan dengan alasan selain secara umum kondisinya masih baik juga keberadannya untuk mendukung operasional pendaratan kapal ketika banyak kapal yang datang ke Ende karena nantinya akan dirancang tidak saja untuk pendaratan kapal very semata namun juga untuk pendaratan kapal jenis lain baik kapal penumpang maupun kapal barang.

"Artinya ketika dalam kondisi cuaca yang baik sementara banyak kapal yang datang ke Ende maka kapal ada yang diarahkan untuk mendarat di Dermaga Nangakeo,"kata Bernabas.

Menurut Bernabas keberadaan dermaga Nangakeo cukup strategis karena tidak saja melayani warga Kabupaten Ende namun juga warga dari daerah lain seperti dari Nagekeo dan Ngada maka keberadaanya wajar dipertahankan.

Bernabas berharap setidaknya dalam tahun ini juga Dermaga Nangakeo pasca diperbaiki bisa kembali beroperasi melayani warga yang hendak ke Kupang ataupun Sumba maupun Sabu. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Romualdus Pius)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved