Situs Bung Karno Di Ende Ramai Dikunjungi Saat Harlah Pancasila

Bung Karno dan rumah tinggal Bung Karno selama di Ende juga Gedung Imaculata tempat Bung Karno mementaskan tonil.

Situs Bung Karno Di Ende Ramai Dikunjungi Saat Harlah Pancasila
POS KUPANG/ROMOALDUS PIUS
Warga Mendatangi Situs Bung Karno Di Ende, Sabtu (1/6/2019). 

Situs Bung Karno Di Ende Ramai Dikunjungi Saat Harlah Pancasila

POS-KUPANG.COM|ENDE---Situs-situs yang berkaitan dengan keberadaan Bung Karno di Ende ramai dikunjungi warga maupun wisatawan pada momentum Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2019.

Pantuan Pos Kupang, Sabtu (1/6/2019) stius yang ramai dikunjungi warga adalah pohon sukun tempat permenungan Bung Karno dan rumah tinggal Bung Karno selama di Ende juga Gedung Imaculata tempat Bung Karno mementaskan tonil.

Ketiga tempat tersebut menjadi lokasi favorit bagi warga untuk berkunjung juga berfoto.

Bernard Tung, warga asal Malang, Jawa Timur mengatakan bahwa dirinya datang ke Ende tujuan utamanya adalah bisnis namun saat di Ende dia tidak ingin melewatkan momentum untuk berkunjung ke tempat-tempat yang berkaitan dengan Bung Karno seperti pohon sukun maupun rumah tinggal Bung Karno.

“Saya memang biasa datang ke Ende namun baru kali ini bertepatan dengan momentum peringatan Hari Lahir Pancasila saya mengunjungi Situs Bung Karno,”kata Bernard.

Bernard berharap agar nilai-nilai Pancasila yang ada saat ini harus tetap dijaga karena dia adalah satu-satunya dasar negara yang sah bagi Bangsa Indonesia.

Bernard mengaku kagum dengan semangat persaudaraan dan toleransi yang dibangun oleh masyarakat Kabupaten Ende karena meskipun mereka berbeda dalam hal agama dan kepercayaan namun mereka hidup rukun dengan penuh persaudaraan.

Selain Ustaz Arifin Ilham, Ini Deretan Artis yang Berjuang Melawan Kanker Getah Bening

Lebih Cepat dari Perkiraan, Perempuan Ini Melahirkan di Taksi Online dalam Perjalanan ke Rumah Sakit

Situs yang paling ramai dikunjungi warga adalah pohon sukun. Hal ini terlihat ratusan warga datang untuk melihat dari dekat juga berfoto dengan keberadaan pohon sukun.

“Luar biasa ini anugerah Tuhan pohon sukun cabangnya ada lima sesuai dengan Pancasila,”kata Sifora, seorang warga asal Jakarta kepada Pos Kupang.

Sifora yang datang ke Ende untuk urusan pribadi mengatakan bahwa dia beruntung bisa menyaksikan langsung keberadaan pohon sukun tempat permenungan Bung Karno.

“Yang lebih luar biasanya adalah saya bisa ikut apel bersama warga Ende. Hal yang unik karena warga mengenakan busana daerah dari berbagai etnis di Indonesia,”kata Sifora.

Sifora berharap agar keberadaan berbagai situs Bung Karno yang ada di Ende dijaga dengan baik sehingga keberadaannya tetap terawat dengan baik agar dikemudian hari masih bisa dikenal oleh generasi berikutnya.

Dia juga berharap agar pemerintah bisa mengemas berbagai acara yang menarik sehingga bisa mendatangkan wisatawan baik lokal maupun mancanegara sehingga dengan demikian keberadaan situs bisa berdaya guna dan berhasil guna baik untuk pemerintah dan juga warga.

Selain itu juga harus ada kreatifitas dari warga dengan didukung pemerintah seperti membuat aneka kerajinan tangan agar para wisatawan bisa membawa pulang oleh-oleh dari Ende berupa candaremata atau hal lain yang khas Kabupaten Ende. (Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Romualdus Pius)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved