Ini yang Dilakukan Mahasiswa Manggarai di Ende Sambut Harlah Pancasila

Ini yang Dilakukan Mahasiswa Asal Manggarai di Ende Sambut Harlah Pancasila

Ini yang Dilakukan Mahasiswa Manggarai di Ende Sambut Harlah Pancasila
POS-KUPANG.COM/ROMUALDUS PIUS
Pelajar Dan Mahasiswa Manggarai Membersihkan Pasar Wolowona,Sabtu (1/6/2019). 

Ini yang Dilakukan Mahasiswa Asal Manggarai di Ende Sambut Harlah Pancasila

POS-KUPANG.COM | ENDE - Menyambut Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2019, Ikatan Mahasiswa Pelajar Manggarai ( Imapelma) Ende membersihkan Pasar Wolowona di Kecamatan Ende Timur, Kabupaten Ende, Sabtu (1/6/2019).

Ketua Ikatan Mahasiswa Pelajar Manggarai ( Imapelma) Andrianus Adu mengatakan tujuan pembersihan Pasar Wolowona adalah untuk menumbuhkan rasa kepedulian akan lingkungan sekitar, meningkatkan rasa kegotong royongan dengan kegiatan bersih pasar, memotivasi masyarakat dan pengunjung agar selalu menjaga kebersihan, serta sebagai bentuk terima kasih dari mahasiswa Manggarai khususnya Imapelma terhadap Kota Ende yang disebut sebagai kota Pancasila.

Merinding, Ini Doa SBY di Detik-detik Menjelang Ibu Ani Yudhoyono Menghembuskan Nafas Terakhir

"Di kota inilah tempat kami belajar untuk mencari serta memperoleh ilmu yang dapat digunakan untuk masa depan,"ujarnya.

Kegiatan dengan tema "Kita Ciptakan Lingkungan Yang Bersih, Sehat Dan Nyaman." adalah bagian dari pengabdian masyarakat dan suatu bentuk rasa kepedulian dari organisasi Imapelma-Ende, terhadap Kabupaten Ende yang merupakan kota bersejarah yaitu kota lahirnya Pancasila.

Lebih Cepat dari Perkiraan, Perempuan Ini Melahirkan di Taksi Online dalam Perjalanan ke Rumah Sakit

"Kami dari Imapelma memberikan Kontribusi yang positif untuk menyikapi persoalan yang kurang nyaman dinikmati oleh masyrakat kota Ende lebih khusus masyarakat disekitaran Pasar Wolowona," katanya.

Dikatakan dengan momentum hari lahirnya Pancasila 1 Juni 2019 dapat menumbuhkan rasa kecintaan dari organisasi Imapelma terhadap Kota Ende, supaya terlepas dari ketidaknyamanan lingkungan yang kurang bersih dan sehat.

Dikatakan kegiatan pembersihan pasar Wolowona merupakan suatu bentuk solidaritas organisasi Ikatan Mahasiswa Pelajar Manggarai (Imapelma) Ende dalam memperingatan hari lahir Pancasila 1 Juni 2019 yang bisa mewujudkan pemahaman dan kesadaran kaum muda untuk bertekat tetap bersatu sebagai bangsa Indonesia dalam wadah NKRI berlandasan Pancasila dan untuk mempertahankan eksistensi organisasi Imapelma.

Diharapkan dengan agenda kegiatan pembersihan Pasar Wolowona maka masyarakat disekitar pasar dapat menyadari dan memahami betapa pentingnya lingkungan yang asri sehingga setiap orang merasa nyaman dan damai dengan keadaan pasar yang bersih.

Amandus Abu selaku koordinator kegiatan mengatakan pelaksanaan kegiatan diikuti oleh 61 orang anggota Imapelma dimulai pada pukul 09.00 hingga pukul 13.00 Wita yang ditandai dengan pembersihan sampah baik yang ada didalam los pasar maupun jalan raya semuanya dibersihkan serta dibuang pada tempat sampah yang telah dipersiapkan oleh Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Kabupaten Ende.

Aksi pembersihan sampah oleh pelajar dan mahasiswa asal Manggarai juga dibantu oleh Anggota Polres Ende dan juga BLHD Kabupaten Ende.

Pihaknya berharap kepada para pedagang maupun pengunjung Pasar Wolowona agar memiliki kesadaran untuk menjaga kebersihan pasar dengan cara tidak membuang sampah di sembarangan tempat atau membuang sampah pada tempat-tempat yang telah ditentukan pemerintah sehingga keberadaan pasar menjadi bersih.

"Buanglah sampah pada tempatnya sehingga dengan sendirinya tercipta kondisi lingkungan yang bersih juga rapih dan sehat,"katanya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Romualdus Pius)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved