Gelombang Tinggi dan Angin Kencang, 4 Rute Kapal Feri Rute Aimere dan Rote, Ini 4 Rute yang Ditutup

Angin hari ini sangat kencang dan tentunya dengan cuaca buruk ini, maka kami akan menutup empat rute pelayaran. Kami tidak ingin mengambil risiko

Gelombang Tinggi dan Angin Kencang, 4 Rute Kapal Feri Rute Aimere dan Rote, Ini 4 Rute yang Ditutup
KOMPAS.com/Iqbal Fahmi
Perahu nelayan menerjang gelombang tinggi di perairan Teluk Penyu, Cilacap, Jawa Tengah. Perahu nelayan menerjang gelombang tinggi di perairan Teluk Penyu, Cilacap, Jawa Tengah. 

Gelombang Tinggi, Angin Kencang, 4 Rute Kapal Feri Rute Aimere dan Rote, Ini 4 Rute yang Ditutup

POS KUPANG.COM, KUPANG -- PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan ( ASDP) Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), menutup rute rute pelayaran di wilayah itu. General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Kupang, Burhan Zahim mengatakan, penutupan empat rute itu akibat angin kencang yang disertai gelombang tinggi.

"Angin hari ini sangat kencang dan tentunya dengan cuaca buruk ini, maka kami akan menutup empat rute pelayaran. Kami tidak ingin mengambil risi o," ungkap Burhan, kepada Kompas.com, Sabtu (1/6/2019).

Empat rute pelayaran yang ditutup itu, lanjut Burhan, yakni Kupang tujuan Rote, Kabupaten Rote Ndao, Kupang tujuan Sabu, Kabupaten Sabu Raijua.

Selanjutnya Kupang tujuan Aimere, Kabupaten Nagekeo dan Kupang tujuan Waingapu, Kabupaten Sumba Timur.

Penutupan empat rute itu, kata Burhan, dimulai sejak Jumat (31/5/2019) kemarin. Burhan mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan kapan keempat rute tersebut dibuka kembali.

Indonesia Berduka, Addie MS: Selamat Jalan, Ibu Ani

Ani Yudhoyono Tutup Usia, Ahok Sampaikan Indonesia Berduka

Ini Alasan Kapolri Terapkan Body System ke Petugas Pengaman Mudik

MUI Ingatkan Tuntutan Referendum Aceh Mengancam Bangsa Indonesia

Ilustrasi gelombang laut tinggi.(KOMPAS.com/ ROSYID ASZHAR)

 

"Kami masih akan koordinasi dengan BMKG untuk mengetahui keadaan cuaca. Kalau sudah normal akan kami sampaikan lagi," kata Burhan.

Dihubungi terpisah, Duty Forecaster BMKG NTT Nanik Tresnawati, mengatakan, gelombang tinggi dan angin kencang, akan berlangsung hingga tiga hari ke depan.

Menurut Nanik, penyebab angin kencang disebabkan adanya perbedaan tekanan udara yang cukup signifikan antara Australia yang berkisar 1035 mb dan wilayah NTT berkisar 1012 mb.

"Semakin besar perbedaan tekanan udara tersebut maka gradien tekanan akan semakin rapat, sehingga menimbulkan dampak angin kencang," ujar dia.

Nanik menyebut, semakin kencang anginnya akan mempengaruhi kenaikan dari tinggi gelombang laut.*

Artikel ini telah tayang di Kompas.com:https://regional.kompas.com/read/2019/06/01/20284161/gelombang-tinggi-disertai-angin-kencang-4-rute-pelayaran-asdp-di-ntt-ditutup

Editor: Alfred Dama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved