Harga Tiket Kapal Laut Stabil, Penumpang Membludak, PT. Pelni Tambah Dua Armada

Memasuki mudik lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah, harga tiket kapal laut tidak naik. Hal itu menjadikan transportasi laut sebagai pilihan pemudik

Harga Tiket Kapal Laut Stabil, Penumpang Membludak, PT. Pelni Tambah Dua Armada
POS-KUPANG.COM/ ROBERT ROPO
Kepala Pelni Waingapu Ilhamda,ST, M. Mar. E 

Tiket Kapal Laut Stabil, Penumpang Membludak, PT. Pelni Tambah Dua Armada

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU- Meskipun kini memasuki mudik lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah, namun harga tiket kapal laut tidak naik. Hal itu menjadikan transportasi laut  menjadi pilihan para pemudik.

Tidak heran jika jumlah penumpang kapal laut termasuk kapal- kapal Pelni menjelang idul Fitri membludak. 

Kondisi ini memaksa PT Pelni harus menambah dua armada pada rute dari Waingapu, Kabupaten Sumba Timur. 

Kepala Pelni Waingapu Ilhamda,ST, M. Mar. E menyampaikan itu ketika dikonfirmasi POS-KUPANG.COM di ruang kerjanya, Jumat (31/5/2019) pagi.

Lisensi Terbang Dicabut Kemenhub, Kapten Vincent Raditya Malah Dapat Tawaran dari TNI AU

Ilhamda menjelaskan kini memasuki mudik lebaran Idul Fitri, tetapi harga tiket kapal laut milik Pelni tidak mengalami kenaikan atau normal seperti pada hari-hari biasanya untuk tujuan ke sejumlah Kota di Indonesia jika dari Waingapu.

Ilhamda juga mengatakan untuk menghadapi arus mudik lebaran PT. Pelni menambahkan dua kapal motor sebagai armada baru yakni KM Lawit dan KM Binaya. Untuk KM Binaya sendiri juga dikarenakan KM Awu sebelumnya docking atau mengalami perawatan.

Kata dia, KM Awu untuk sementara ini baru pulang docking sehingga KM Binaya nanti pulang beroperasi di tempatnya semula. Sedangkan KM Lawit akan tetap beroperasi hingga usai lebaran.

KM Tilong Kabila Tambah Pelayanan ke Labuan Bajo, dari 4 Kali Jadi 9 Kali

"Jadi ada penambahan dua unit kapal laut milik Pelni yakni KM Binaya dan KM Lawit ini kapal yang baru operasi di Waingapu, sedangkan KM yang sudah lama biasa beroperasi dengan status reguler di Waingapu yakni KM Egon, KM Awu, dan KM Wilis. Terkait harga tiket seperti biasa tidak ada kenaikan,"jelas Ilhamda.

Terkait dengan apakah ada lonjakan penumpang arus mudik lebaran, Ilhamda mengaku ada lonjakan penumpang hingga mencapai 20 persen.

"Ada bertambah penumpang hingga mencapai sekitar 20 persen khusus mudik lebaran ini. Memang kalau di saat mudik ini animo penumpang bertambah dan lonjakan penumpang bertambah itu tujuan Kupang, Bali, Surabaya, dan Makasar,"kata Ilhamda. (*)

 

Penulis: Robert Ropo
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved