KPUD Lembata Siap Hadapi Gugatan PAN

Komisi Pemilihan Umum Daerah ( KPUD) Kabupaten Lembata Siap Hadapi Gugatan PAN

KPUD Lembata Siap Hadapi Gugatan PAN
POS-KUPANG.COM/Frans Krowin
Ketua KPUD Lembata, Elias Kaluli Making 

Komisi Pemilihan Umum Daerah ( KPUD) Kabupaten Lembata Siap Hadapi Gugatan PAN

POS-KUPANG.COM | LEWOLEBA -- Komisi Pemilihan Umum Daerah ( KPUD) Lembata sudah siap menghadapi gugatan Partai Amanat Nasional ( PAN). Saat ini komisioner KPUD sedang menunggu panggilan Mahkamah Konstitusi untuk hadapi gugatan tersebut.

Hal tersebut disampaikan Ketua KPUD Lembata, Elias Kaluli Making, ketika ditemui POS-KUPANG.COM di Lewoleba, Kamis (30/5/2019). Ely, demikian ia disapa, mengatakan itu, ketika dikonfirmasi soal gugatan PAN atas dugaan kecurangan pemilu pada Dapil 3 Kabupaten Lembata saat pemiu 17 Apri 2019 lalu.

Ini yang Dilakukan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk Mendinginkan Situasi Pasca Pilpres

Dikatakannya, semua materi terkait gugatan itu sudah disiapkan semua. Bukti-bukti hukum yang berhubungan dengan pelaksanaan pemilu lalu, juga sudah ada pada KPU.

Dengan demikian, katanya, saat ini semua komisioner KPUD Lembata sudah siap jika dipanggil oleh MK untuk hadir dalam persidangan nanti. "Kami sudah siap menghadapi gugatan. Kalau dipanggil, kami siap ke Jakarta," ujar Ely.

Ditanya Soal Pilpres, Ryamizard Ryacudu: Tak Ada Lagi 01 Atau 02

Dia mengatakan, materi gugatan PAN itu sudah diterima dan dipelajari. Baginya, upaya hukum yang dilakukan partai politik (parpol) tersebut merupakan hak parpol bersangkutan sehingga komisioner KPUD Lembata siap menghadapinya.

Dia menjelaskan, gugatan yang dilayangkan PAN itu. sesungguhnya bukan kepada KPUD Lembata tapi KPU RI. Hanya saja locus tudingan kecurangannya dialamatkan ke Dapil 3 di Kabupaten Lembata. Padahal selama proses pemilu, tak ada kecurangan seperti yang dipersoalkan oleh Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan yang beralamat di Jakarta.

Soal tidak adanya kecurangan itu, kata Ely, terbukti dari telah ditandatanganinya semua surat oleh para saksi saat proses penghitungan suara dilakukan di tingkat TPS. Penandatanganan itu pun dilakukan oleh semua saksi parpol dan para pengawas pemilu.

Lantaran gugatan PAN itu sudah diserahkan ke MK, lanjut dia, maka pihaknya menunggu panggilan. Apabila seluruh berkas gugatan sudah sesuai ketentuan yang berlaku dan telah dinyatakan lengkap oleh MK, maka pihaknya siap hadir saat sidang nanti.

"Pada prinsipnya kami sudah siap menghadapi gugatan. Kapan kami dipanggil, kami siap untuk hadir dalam sidang gugatan tersebut. Kami akan membuktikan bahwa tudingan PAN itu salah," tandas Ely.

Menurut mantan Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Nubatukan ini, pemilu di Lembata telah berlangsung lancar, aman, tertib dan damai. Untuk itu, pihaknya berterima kasih kepada seluruh komponen masyarakat terkait hal tersebut.

Pihaknya juga berterima kasih kepada Polres Lembata yang telah mengawal pelaksanaan pemilu hingga pesta demokrasi itu berjalan aman dan damai. "Kami berterima kepada semua pihak atas penyelenggaraan pemilu yang berjalan baik. Semua ini berkat peran aktif kita semua," ujarnya. (Laporan Reporter POS- KUPANG.COM, Frans Krowin)

Penulis: Frans Krowin
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved