Polres Manggarai Gelar Pasukan Pengamanan Lebaran 2019

Polres Manggarai menggelar apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan Lebaran 2019.

Polres Manggarai Gelar Pasukan Pengamanan Lebaran 2019
POS-KUPANG.COM/ ARIS NINU
Upacara Operasi Ketupat 2019 di Lapangan Polres Manggarai. 

Polres Manggarai Gelar Pasukan Pengamanan Lebaran 2019

Laporan ReporterPOS-KUPANG.COM, Aris Ninu

POS-KUPANG.COM | RUTENG- Polres Manggarai menggelar apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan Lebaran 2019.

Gelar pasukan itu ditandai dengan penyematan pita oleh Kapolres Manggarai, AKBP Cliffry Steiny Lapian, SIK kepada anggota Polri, TNI, Pol PP dan Dinas Perhubungan Manggarai.

Penyematan pita oleh Kapolres Manggarai ini dilakukan melalui upacara di Lapangan Polres Manggqarai di Ruteng, Senin (28/5/2019) pagi.

Bagaimana Para Pesepak Bola Muslim Menjalani Puasa Ramadan Jelang Laga Final Liga Champions

 Operasi Ketupat 2019 dalam rangka pengamanan Idul Fitri bagi umat muslim di Manggarai dan Manggarai Timur (Matim) mengangkat tema “Melalui operasi ketupat Turangga 2019 kita tingkatkan sinergi dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan hari raya idul Fitri 1440 H " dengan pimpinan upacara Kapolres Manggarai.

 Hadir saat upacara, Dandim 1612 Manggarai, Letkol Inf. Rudi Markiano Simangunsong, S.Sos, Danki Brimob, Iptu Sigit Afrianto, SIK, Kepala BPBD Manggarai, Libertus Habut, Pendeta Gereja GMIT Ruteng, Hendrik Kudji Rihi, S.Th dan Perwira Polres Manggarai.

Sedangkan pasukan upacara yakni 1 pleton anggota Kodim 1612 Manggarai, 1 regu anggota Brimob Ruteng, 2 kompi anggota Polres Manggarai, 1 regu anggota Satpol PP Kabupaten Manggarai dan 1 regu anggota Dinas Perhubungan Kabupaten Manggarai.

Diduga Mencuri Sepeda Motor, Seorang Pemuda Diamankan Oleh Satgas Pamtas 741/GN

 Kapolri dalam sambutannya yang dibacakan Kapolres Manggarai men gatakan, tahun sebelumnya Operasi ketupat tahun 2019 akan di selenggarakan di seluruh 34 Polda dengan 11 Polda perioritas.

Operasi akan melibatkan 160.335 personil gabungan, terdiri atas 93.589 personil Polri,13.131 personil TNI,18.906 personil kementerian dan Dinas terkait,11.720 personil Satpol PP,6.913 personil Pramuka,serta 16.076 personil organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan.

 “Analisa dan evaluasi terhadap penyelenggaraan operasi ketupat tahun 2018 menunjukkan tingkat keberhasilan yang sangat baik, koordinasi dan kerjasama sinergi seluruh pemangku kepentingan dalam penyelenggarakan operasi ketupat tahun 2018 juga mendapatkan apresiasi positif dari publik.Hal tersebut ditandai dengan tidak adanya aksi serangan teror dapat ditekannya gangguan kejahatan yang meresahkan masyarakat maupun aksi intoleransi dan kekerasan serta terpeliharanya stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok di tengah masyarakat.Dalam kaitan tersebut, apel gelar pasukan ini diselenggarakan secara serentak, mulai dari tingkat markas besar hingga ke polres jajaran,” ujar Kapolri.

Amankan Hari Idul Fitri, Polres Sumba Timur Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Turangga 2019

 Ia menekankan, ada dua tujuan yang hendak dicapai dari pelaksanaan apel gelar pasukan ini yakni pertama, apel gelar pasukan diselenggarakan untuk mengecek kesiapan personel, peralatan dan seluruh aspek operasi, termasuk sinergitas dan soliditas komponen penyelenggara. Dan, kedua, apel gelar pasukan diselenggarakan dengan maksud untuk menunjukkan kesiapan penyelenggara operasi kepada publik sehingga akan menimbulkan ketenangan, rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.(*)

Penulis: Aris Ninu
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved