Jumlah Sapi di TTU Capai 128.000 Ekor

Jumlah secara keseluruhan ternak sapi di wilayah Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) sebanyak 128.000 ekor.

Jumlah Sapi di TTU Capai 128.000 Ekor
ISTIMEWA
Inilah sapi yang masuk program Siwab Pemkab TTU 

Jumlah Sapi di TTU Capai 128.000 Ekor, Yuk Simak!

POS-KUPANG.COM | KEFAMENANU--Jumlah secara keseluruhan ternak sapi di wilayah Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) sebanyak 128.000 ekor.

Ternak sapi sebanyak itu tersebar di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten TTU, karena hampir di semua kecamatan mayoritas pekerjaannya sebagai petani dan peternak.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Peternakan Kabupaten TTU Matheos Dami kepada Pos Kupang saat ditemui di Desa Akomi belum lama ini.

Matheos mengatakan, ternak sapi tersebut merupakan milik warga dan juga bantuan dari pemerintah baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan juga pemerintah kabupaten.

"Sampai dengan sekarang 128 ribu ekor tersebar di seluruh kecamatan karena memang hampir di setiap kecamatan ada petani dan peternak. Dan sapi itu ada yang milik masyarakat dan juga bantuan dari pemerintah," ungkap Matheos.

33 Siswa PAUD Dibawa Yapenkris Babau Diwisuda

Polisi Amankan 6 Pelaku Pengrusakan dan Pembakaran Mapolsek Tambelangan

Matheos mnegatakan, selama ini bantuan ternak sapi yang kepada para peternak di Kabupaten TTU banyak sekali, karena hampir setiap tahun sekitar ratusan ekor dibagikan kepada peternak.

"Baik itu dari APBD, provinsi, dan pemerintah pusat itu setiap tahun hampir ratusan ekor, jadi lumayan banyak sapi yang diberikan oleh pemerintah," terangnya.

Matheos mengatakan, pemerintah melalui Dinas Peternakan TTU terus berupaya meningkatkan populasi sapi di daerah tersebut melalui program Sapi Induk Wajib Bunting (Siwab).

Dengan program tersebut dimana akan dilakukan ensjminasi buatan (kawin suntik) diharapkan terjadi peningkatan populasi sapi yang ada di daerah tersebut bertambah sebanyak 250 ekor. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi)

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved