Bukit Cinta Impian Wisata Lembata, Tahun Ini Jadi Lokasi Pentas Festival 3 Gunung

Lokasi Bukit Cinta Impian Wisata Lembata, Tahun Ini Jadi Lokasi Pentas Festival 3 Gunung

Bukit Cinta Impian Wisata Lembata, Tahun Ini Jadi Lokasi Pentas Festival 3 Gunung
POS-KUPANG.COM/Frans Krowin
Manajemen Harian Pagi Pos Kupang saat bersama Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur di Kuma Resort, Minggu (26/5/2019). 

Lokasi Bukit Cinta Impian Wisata Lembata, Tahun Ini Jadi Lokasi Pentas Festival 3 Gunung

POS-KUPANG.COM | LEWOLEBA - Kabupaten Lembata punya potensi wisata yang demikian banyak. Semuanya memancarkan pesona yang luar biasa. Lamalera dengan tradisi perburuan mamalia paus, misalnya, menjadi salah satu contoh konkrit tentang potensi pariwisata di daerah itu.

Berikutnya, Pantai Bean dengan bentangan pasir putih nan panjang dan mempesona. Pemandangan yang sama, ada di Pantai Mingar, Desa Pasir Putih, Kecamatan Nagawutun. Demikian pula pantai Wade yang ada di pesisir selatan Kecamatan Lebatukan dan tempat lainnya. Semuanya amat menakjubkan.

Polisi Tangkap Warga Majalengka karena Sebar Hoaks Sebut Anggota Brimob Mirip Tentara China

Sementara Bukit Cinta, yang letaknya tak jauh dari Kota Lewoleba, sekitar 15 menit waktu tempuh ke tempat itu, juga memancarkan keindahan yang juga luar biasa. Bukit yang dikelilingi oleh deretan bukit lainnya itu memiliki karakter lokasi yang unil dari destinasi lainnya.

Keunikannya, adalah ketika Anda berada di puncak bukit itu, Anda akan menyaksikan
betapa indahnya anugerah ilahi atas lokasi tersebut. Bayangkan, dua gunung api, yaitu Ile Boleng dan Ile Ape, kokoh berdiri di depan mata. Sementara di kejauhan sana, ada Pulau Solor yang tampak menyatu dengan Pulau Adonara di Kabupaten Flores Timur (Flotim).

Perusuh 22 Mei Berupaya Bunuh 4 Pejabat dan Pimpinan Lembaga Survei, Ini Penjelasan Humas Polri

Belum lagi bentangan laut biru yang tampak seperti danau raksasa di bawah kaki bukit tersebut. Apalagi kapal-kapal nelayan juga kapal komersial lainya, tak henti-hentinys mondar mandir di atas permukaan tersebut.

Lantaran aneka keunggulan itulah, Bukit Cinta disebut-sebut sebagai destinasi impian di daerah tersebut. Hal ini diungkapkan Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur dalam diskusi santai dengan Pemred Pos Kupang, Mas Hasyim dan Pemimpin Perusahaan (PP) Ninik Madjaga di Kuma Resort, Minggu (26/5/2019).

Dalam suasana yang penuh kekeluargaan itu, Bupati Sunur pun menuturkan upaya penataan Bukit Cinta sebagai destinasi impian Lembata ke depan. Tahun lalu, contohnya, dibangun monumen peledang di Bukit Cinta plus penataan lokasi tersebut.

Tahun ini, dilanjutkan lagi dengan membangun fasilitas lain. Salah satunya, menata lagi titik star untuk aktivitas paralayang serta item pembangunan lainnya. Akan dibangun pula tempat pemutaran film-film dokumenter sarana permainan anak-anak serta fasilitas kepariwisataan lainnya.

"Ke depan, kalau mau menonton film dokumenter tentang tradisi perburuan mamalia paus di Lamalera, itu ada di Bukit Cinta. Begitu juga film dokumenter lainnya," ujar Bupati Sunur.

Tahun ini, kata dia, penataan Bukit Cinta dilakukan lagi dalam rangka menyambut Festival 3 Gunung (F3G) yang akan segera diselenggarakan.
Festival itu merupakan agenda tahunan. Apalagi baru-baru ini, pemerintah telah melaunchingnya di Bali.

"Festival itu telah menjadi agenda tahunan. Jadi setiap tahun akan dilaksanakan. Begitu pula dalam tahun 2019 ini. Untuk itu, pemerintah akan terus mempromosikan semua potensi wisata Lembata sambil menata dan membangun infrastruktur pendukung lainnya," ujar Sunur. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Frans Krowin)

Penulis: Frans Krowin
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved