IHAP dan ARBI Gelar Peringatan Malam Renungan AIDS Nusantara

Institut Hak Asasi Perempuan (IHAP) dan Aliansi Remaja Binmaffo (ARBI) kembali menggelar peringatan malam renungan AIDS Nusantara.

IHAP dan ARBI Gelar Peringatan Malam Renungan AIDS Nusantara
POS-KUPANG.COM/ Thomas Mbenu Nulangi
Para remaja yang tergabung dalam ARBI saat membakar lilin untuk mendoakan dan mengenang pada ODHA, Sabtu Malam 

IHAP dan ARBI Gelar Peringatan Malam Renungan AIDS Nusantara

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi

POS-KUPANG.COM | KEFAMENANU- Institut Hak Asasi Perempuan (IHAP) dan Aliansi Remaja Binmaffo (ARBI) kembali menggelar peringatan malam renungan AIDS Nusantara.

Kegiatan yang mengusung tema Zero Stigma and Discrimination tersebut dilaksanakan di Taman Kota Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Sabtu (25/5/2019) malam.

Hadir dalam kegiatan tersebut yakni Asisten II Setda Kabupaten TTU, Robertus Nahas, Program Manager IHAP Maria Estacia, dan Ketua ARBI Patris M. Aomenu, Direktur Lakmas Viktor Manbait dan para undangan lainnya.

Empat Daerah Ini Berpotensi Terjadi Angin Kencang, Waspadalah!

Kegiatan peringatan malam renungan AIDS Nusantara diisi dengan berbagai acara diantaranya nonton film pendek bersama, dan juga pembacaan puisi yang dibawakan oleh ARBI.

Peringatan malam renungan AIDS Nusantara tersebut juga dilakukan dengan doa bersama. Selain doa bersama, juga dilakukan renungan bersama untuk mengenang ODHA.

Ketua ARBI Patris M. Aomenu mengatakan, kegiatan peringatan malam renungan AIDS Nusantara dilakukan untuk mendoakan ODHA yang telah meninggal dunia serta mendoakan para ODHA yang masih berjuang untuk melanjutkan hidup.

Sebelum Terkena Serangan Jantung, Bupati Ende Marsel Petu Pesan Dua Hal

"Tujuannya untuk mendoakan teman-teman ODHA yang telah meninggal dunia, dan juga kepada mereka yang masih berjuang untuk melawan AIDS, sehingga pada malam ini kita membuat renungan bersama," ungkapnya.

Selain itu, jelas Patris, pihaknya juga menggelar renungan bersama untuk memberikan semangat hidup kepada para ODHA serta memberi pemahaman kepada masyarakat agar tidak menjauhkan ODHA.

"Kadang-kadang mereka dikucilkan oleh keluarga mereka. Oleh karena itu harus memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak perlu jauhi mereka, kucilkan mereka, rangkul mereka sehingga mereka memiliki semangat untuk hidup," ungkapnya.

Sementara itu, Program Manager IHAP Maria Estacia mengatakan, peringatan malam renungan AIDS Nusantara sudah dilakukan IHAP sejak tahun 2015 lalu bekerjasama dengan Pemda dan ARBI.

Perkiraan Cuaca Aktual Penerbangan di Bandara El Tari Kupang Hari Ini, Minggu 26 Mei 2019

"Tapi kami yang banyak bekerja waktu itu, tahun-tahun seterusnya tetap kami lakukan, dan tahun ini lebih istimewa karena teman-teman ARBI sendiri yang menginisiasi dan memprakarsai semua kegiatan, mulai dari persiapan, sampai pada malam ini," ujarnya.

Maria mengatakan, pihaknya mengedepankan peran para remaja dalam menjalankan setiap even atau kegiatan yang berkaitan dengan ODHA, sehingga orang tua hanya mengarahkan para remaja tersebut.

"Sehingga kami ucapkan terima kasih kepada ODHA yang sudah membantu menyelenggarakan kegiatan pada malam hari ini," ungkapnya. (*)

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved