Beginilah Pesan Ibu Fransiska Nae Soi Kepada Kader PKK 'Perangi' Malaria di NTT

Pesan Ny.Fransiska disampaikan saat menjadi nara sumber dalam pertemuan pembentukan Konsorsium Malaria Sumba

Beginilah Pesan Ibu Fransiska Nae Soi Kepada Kader PKK 'Perangi' Malaria di NTT
POS KUPANG/GERADUS MANYELA
Wakil Ketua Tim Penggerak PKK, Ny. Fransiska Nae Soi -Djogo foto bersama saat menjadi nara sumber pembentukan Konsorsium Malaria Sumba di Hotel Sinar Tambolaka, Jumat (24/5/2019) sore. 

Beginilah Pesan Ibu Fransiska Nae Soi Kepada Kader PKK 'Perangi' Malaria di NTT

POS-KUPANG. COM|TAMBOLAKA--Wakil Ketua Tim Penggerak PKK, Ny. Fransiska Nae Soi -Djogo mengingatkan kader PKK untuk aktif mengadvokasi masyarakat, terlebih ibu-ibu lebih khususu lagi ibu hamil untuk perhatikan lingkungan tempat tinggal dan gizi anak agar bebas dari penyakit malaria.

Faktor lingkungan yang bersih dan sehat serta asupan gizi yang dimulai dari ibu hamil diyakini menjadi senjata ampuh dalam memerangi malaria di NTT umumnya dan empat kabupaten di Sumba yang masih endemis tinggi.

Pesan Ny.Fransiska disampaikan saat menjadi nara sumber dalam pertemuan pembentukan Konsorsium Malaria Sumba di Hotel Sinar Tambolaka, Jumat (24/5/2019) sore.

PT BNI Kabupaten TTS Bagikan 450 Paket Sembako dan Bantu 5 Masjid

Suskeskan Festival Seafood Nangadhero di Nagekeo, Panitia Lakukan Berbagai Persiapan

Menjawab pertanyaan dr. Endang dari UNICEF tentang peran PKK dalam memperhatikan asupan gizi anak sebagai benteng kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang malaria dan penyakit lainnya, Ny. Fransiska menegaskan, asupan gizi anak harus dimulai dari ibu hamil kemudian usia balita.

Langkah strategis lain yang perlu dilakukan, demikian Ny. Fransiska, meningkatkan kualitas guru PAUD agar memiliki ada ketrampilan untuk membantu anak cuci tangan dan merubah mindset tentang pentingnya hidup sehat. Wawasan guru PAUD, kata Ny. Fransiska, harus lebih luas dan terbuka.

Ketua TP PKK Sumba Barat, Ny. Meity H. W Dapawole-Monteiro mengingatkan pentingnya pengawasan oleh kader PKK terhadap pola hidup masyarakat yang sehat dan bergizi.

Ramalan Zodiak Hari Ini Sabtu 25 Mei 2019, Pisces Pindahkan Gunung, Virgo Reuni, Zodiak Lain?

Ramalan Zodiak Hari Ini Sabtu 25 Mei 2019, Pisces Pindahkan Gunung, Virgo Reuni, Zodiak Lain?

"Kita lihat orang Sumba itu tidak ada tempat tidur dan sehingga anak-anak kita paling tidak suka tidur dalam kelambu. Alasannya tidak bebas dan tidak bisa bernapas. Tapi sikap ini harus kita lawan untuk menurunkan angka kesakitan malaria terhadap anak. Jadi PKK juga harus intensifkan pengawas agar madyarakat mau tidur menggunakan kelambu, "kata Ny. Meity.

Lanjut Ny. Meity, budaya madyarakat tinggal di rumah panggung yang bagian atas manusia dan bawahnya hewan menyumbang angka kesakitan malaria di Sumba Barat.

Ny. Meity juga mengeluhkan kurangnya tenaga sanitasi sehingga penyuluhan soal lingkungan hidup yang bersih dan sehat oun kurang.

Halaman
12
Penulis: Gerardus Manyela
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved