Pemprov Fokus Bangun Tujuh Destinasi Wisata, Salah Satunya Destinasi Budaya di Sumba Timur

tujuh Destinasi salah satunya destinasi di Sumba Timur yakni Destinasi wisata Budaya berupa situs-situs budaya di Praimadita, Kecamatan Karera.

Pemprov Fokus Bangun Tujuh Destinasi Wisata, Salah Satunya Destinasi Budaya di Sumba Timur
POS KUPANG/ROBERT ROPO
Para undangan dan peserta yang sedang menghadiri acara Pembukaan Rakor.*) 

Tahun 2019, Pemprov Fokus Bangun Tujuh Destinasi Wisata, Salah Satunya Destinasi Budaya di Sumba Timur

Laporan Reporter POS-KUPANG. COM, Robert Ropo

POS-KUPANG. COM | WANGAPU--Pemerintah propinsi (Pemprov) NTT memiliki program dimana menjadikan pariwisata sebagai motor penggerak ekonomi, sehingga fokus Pemerintah daerah Propinsi NTT itu pada sektor Pariwisata.

Pada tahun 2019 Pemprov NTT fokus pada tujuh Destinasi salah satunya destinasi di Sumba Timur yakni Destinasi wisata Budaya berupa situs-situs budaya di Praimadita, Kecamatan Karera.

Asisten II Setda Propinsi NTT Ir. Samuel Rebo menyampaikan itu ketika ditemui wartawan usai acara pembukaan Rapat Koordinasi (Rakor) Evaluasi dan Sinkronisasi Program Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tingkat Propinsi NTT yang berlangsung di Aula Hotel Elvin Kota Waingapu, Kamis (23/5/2019) malam.

Samuel menjelaskan, pada tahun 2019 Pemprov NTT fokus membangun pada tujuh Destinasi salah satunya destinasi di Sumba Timur yakni Destinasi wisata Budaya berupa situs-situs budaya di Praimadita, Kecamatan Karera.

Urusan dengan Mantan Pacar, Legenda Sepakbola Diego Maradona Dibekuk Polisi

Tim Pesut Etam Borneo FC Bekuk Arema FCSkor 2-0, Pelatih Mario Gomez Blak-Blakan Bocorkan Strategi

Menurutnya untuk membangun destinasi-destinasi wisata tersebut, tentu harus didukung dengan sektor-sektor lain juga harus mendukung sektor pariwisata.

"Kita ingin membangun Pariwisata yang berbasis kepada masyarakat sehingga benar-benar masyarakat diikutsertakan dalam pelaku pariwisata. Ini keinginan-keinginan bapak Gubernur NTT,"ungkap Samuel.

Samuel juga mengatakan selama tiga tahun ini pemerintah Propinsi NTT akan membangun ada 22 destinasi wisata yang ditargetkan untuk dibangun.

"Jadi kita bangun mulai ini tahun 7 destinasi, tahun depan 7, dan tahun depanya lagi sisanya. Itu yang menjadi prioritas Propinsi, tetapi kita harapkan masing-masing Kabupaten juga punya destinasi prioritas sehingga secara bertahap potensi-potensi pariwisata yang ada di masing-masing Kabupaten itu terangkat,"ungkap Samuel.

Kata Samuel, untuk mendukung pembangunan destinasi pariwisata itu pula, tentu disamping itu Pemprov NTT juga akan melihat infrastruktur-infrastruktur yang untuk menghubungkan antara destinasi-destinasi wisata tentu berkaitan dengan jalan-jalan propinsi yang akan juga diperbaiki. Dan semua jalan propinsi itu harus dituntaskan dalam tiga tahun.

Terkait dengan rencana Kemendes PDT dan Transmigrasi RI yang berencana untuk mengembangkan desa-desa Pariwisata di NTT, menurut Samuel tentu Pemprov maupun Pemkab harus menangkap peluang itu karena pendanaan lewat APBD I sangat terbatas.

Artur, Striker Anyar Persib Prioritaskan Kemenangan Tim Maung Bandung, Ini Kiatnya

KPU NTT Rehabilitasi Anggota KPU Alor, Pelanggaran Kode Etik Pilkada Alor

Sehingga kata dia, diharapkan dengan pendanaan-pendanaan di sektor lain diharapkan juga ikut mendukung berkembangnya pariwisata di NTT.

"Jadi kita ingin masyarakat kita yang mulai sadar wisata. Dana yang ada di desa juga diharapkan juga memanfaatkan untuk pembangunan potensi pariwisata di Desa itu, begitu juga sektor penunjang pariwisata perlu dikembang seperti tenun ikat silahkan dikembangkan,"pungkas Samuel. (POS-KUPANG. COM/ROBERT ROPO)

 

Penulis: Robert Ropo
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved