Hilda Riwu Kore Imbau Masyarakat Kota Kupang Jangan Takut Periksa Kanker Serviks

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Kupang Hilda Riwu Kore menghimbau kaum wanita usia subur di Kota Kupang tidak takut dan malu periksa Kanker servix

Hilda Riwu Kore Imbau Masyarakat Kota Kupang Jangan Takut Periksa Kanker Serviks
POS-KUPANG.COM/ LAUS MARKUS GOTI
Hilda Riwu Kore bersama Tim Penggerak PKK Kota Kupang di Puskesmas Pasir Panjang Kota Kupang, Jumat (2452019). 

Hilda Riwu Kore Imbau Masyarakat Kota Kupang Jangan Takut Periksa Kanker Serviks

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Laus Markus Goti

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Ketua Tim Penggerak PKK Kota Kupang Hilda Riwu Kore mengimbau kepada masyarakat Kota Kupang khususnya kaum wanita usia subur agar tidak takut dan malu melakukan pemeriksaan kanker serviks.

Hal itu disampaikan oleh Hilda saat ditemui POS-KUPANG.COM di tengah kesibukanmya memantau sosialisasi dan pemeriksaan kanker serviks gratis di Puskesmas Pasir Panjang Kota Kupang, Jumat (24/5/2019).

Kegiatan sosialisasi dan pemeriksaan kanker serviks tersebut diselenggarakan oleh Tim Penggerak PKK Kota Kupang melalui Kelompok Kerja (Pokja) 4 yaitu program kegiatan pelayanan pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test gratis. "Saya harap masyarakat yaitu kaum wanita tidak takut atau malu untuk periksa," ungkapnya.

Prabowo Ketemu Kalla, Begini Kata Erick Thohir

"Pemeriksaan ini penting sebagai langkah pencegahan. Kan lebih baik mencegah daripada mengobati. Jadi kita terus memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, apa sebab kanker serviks dan bagaimana langkah-langkah untuk mencegah," tambahnya.

Pantauan POS-KUPANG.COM, puluhan wanita hadir di Puskesmas Pasir Panjang untuk melakukan pemeriksaan. Sebelum diperiksa, mereka mendapat sosialisasi tentang kanker serviks yang diberikan oleh dr. Unedo Nababan dan dr. Maria Ivonia Rai.

Dalam sosialisasi tersebut, dr. Unedo menjelaskan, kanker serviks atau kanker leher rahim adalah sebuah penyakit yang terjadi akibat pembentukan sel-sel di leher rahim (bagian serviks) secara abnormal yang terus berkembang hingga tidak terkendali.

NTT Akan Miliki Kapal RS Terapung, Wagub NTT : NTT Butuh Kapal RS Terapung

Ia mengatakan, penyebab kanker serviks umumnya karena merokok, gonta-ganti pasangan seks. "Saat merokok biasanya ada radikal-radikal bebas dan karbon monoksida yang menyebabkan penurunan daya tahan tubuh wanita sehingga wanita lebih peka terinveksi kanker serviks," ungkapnya.

Lanjutnya, pemeriksaan kanker serviks dilakukan dengan asam cuka. "Kelebihannya kita gunakan Asam Asetat/asam cuka yaitu lebih cepat, hanya dalam satu menit sudah bisa tau hasilnya. Kalau ada yang terinfeksi kanker serviks maka langsung diobati dengan Cryoterapi," jelasnya.(*)

Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved