Bulan Juli di Ngada akan Adakan Festival Inerie

Bupati Ngada Drs. Paulus Soliwoa mengatakan, bulan Juli 2019 mendatang di Kabupaten Ngada akan menggelar Festival Inerie.

Bulan Juli di Ngada akan Adakan Festival Inerie
POS KUPANG/GORDI DONOFAN
Suasana silaturahmi pimpinan Pos Kupang bersama bupati Ngada di Rumah Jabatan Bupati Ngada di Kota Bajawa, Kamis (23/5/2019) malam. 

Bulan Juli di Ngada akan Adakan Festival Inerie

POS-KUPANG.COM | BAJAWA -- Bupati Ngada Drs. Paulus Soliwoa mengatakan, bulan Juli 2019 mendatang di Kabupaten Ngada akan menggelar Festival Inerie.

Bupati Soliwoa mengatakan pemilihan nama Festival Inerie di dasari dengan beberapa pandangan atau filosofi orang Ngada tentang Inerie, Inerie adalah nama sebuah gunung api aktif yang ada di Kabupaten Ngada dengan ketinggian gunung 2245 m.

Berdiri megah dan memberikan kesan keagungan. Orang Ngada menyakini bahwa Inerie adalah seorang ibu yang penuh kasih, penuh keteduhan dan sebuah simbol kekuatan, motivasi untuk mencapai kesuksesan.

"Festival Inerie dijadwalkan berlangsung dari tanggal 5 hingga 10 Juli 2019. Pelaksanaan kegiatannya tidak terpusat di Bajawa dan puncak lewat acara adat Ka Sao di Kampung Adat Tololela, Desa Manubhara, Kecamatan Inerie," ujar Bupati Soliwoa, saat menerima Wakil Pimpinan Umum PT. Timor Media Grafika Ciptyantoro, Wapemred Pos Kupang, Hasyim Ashari, Pimpinan Perusahaan, Erniwaty Madjaga, Manajer Promosi, Aji Baskoro di Rumah Jabatan Bupati Ngada di Kelurahan Kisanata Kota Bajawa, Kamis (23/5/2019) malam.

Jadi Senjata Baru Persib Bandung, Artur Gevorkyan: Yang Terpenting Saya Ingin Persib Menang

Ini Reaksi Nagita Slavina Lihat Raffi Ahmad Pamer Sepatu dari Mantan di Depan Mama Rieta

Pemprov Fokus Bangun Tujuh Destinasi Wisata, Salah Satunya Destinasi Budaya di Sumba Timur

Ia menjelaskan, masyarakat pemilik kebudayaan di harapkan menjadi ujung tombak untuk melestarikan kebudayaannya sendiri, dengan bekerjasama membangun tata kelola pelestarian, pengembangan, pemanfaatan dan pembinaan yang lebih bersinergi bersama semua elemen pengelola budaya.

Sinergi yang mulai dari pemerintah pusat sampai di daerah, sehingga potensi budaya yang dimiliki komunitas budaya lebih mempunyai kekuatan, warna tersendiri serta memberikan kontribusi yang lebih kepada masyarakat sebagai pengelola utama budayanya.

"Festival Inerie akan di laksanakan di Kabupaten Ngada pada bulan Juli 2019. Pelaksanaan, persiapan, pemilihan tim kerja saat ini sedang digodok untuk memulai persiapan dan tahapan pengerjaan," ujarnya.

Bajawa Terkenal dengan Kopi Arabika

Pada kesempatan itu juga Bupati Soliwoa menerangkan, Bajawa memiliki banyak produk khas lokal. Satu diantaranya Kopi Arabika Bajawa.

"Kopi Bajawa itu enak. Kalau di Bajawa itu Kopi Arabika. Kami punya kemasan Kopi Arabika Flores Bajawa.(Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Gordi Donofan)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved