Tedang Literasi Bikinan Mahasiswa KKN Unipa di Desa Ribang

Sebuah Tedang Literasi Bikinan Mahasiswa KKN Unipa Maumere di Desa Ribang

Tedang Literasi Bikinan Mahasiswa KKN Unipa di Desa Ribang
POS-KUPANG.COM/Foto Mayelus D. Bastian
Mahasiswa KKN di Desa Ribang, Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka, Pulau Flores membimbing anak-anak dan remaja dalam program literasi desa, Rabu (23/5/2019). 

Sebuah Tedang Literasi Bikinan Mahasiswa KKN Unipa Maumere di Desa Ribang

POS-KUPANG.COM | MAUMERE - Ide-ide kreatif terus dihadirkan mahasiswa program Kuliah Kerja Nyata ( KKN) Universitas Nusa Nipa ( Unipa) Maumere di Pulau Flores, Provinsi NTT.

Mendukung program literasi desa, mahasiswa KKN Unipa mendirikan tedang (lapak) belajar di Dusun Watuwelut, Desa Ribang, Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka, Pulau Flores.

Eks Kantor Bupati Kupang Tak Layak Dijadikan Ruang Kelas, SMAS Nesi Neomat Tetap Bersyukur

Pembimbing lapangan, Mayelus D Bastian, M.A, kepada POS-KUPANG.COM, Kamis (23/5/2019) menjelaskan tedang belajar dijadikan tempat bagi anak-anak berkumpul untuk belajar bersama.

"Tujuannya membangun kesadaran, minat belajar terutama membaca dan menulis bagi warga terutama anak-anak dan remaja di desa ini," ungkap Bastian.

Ketua Kelompok KKN Desa Ribang, Dion Hadun menambahkan, program ini merupakan wujud kepedulian mahasiswa terhadap pendidikan anak dan remaja di Desa Ribang.

Panwascam Hewokloang Diperiksa Gakumdu Sikka, Terkait Dugaan Kecurangan Penghitungan Suara

"Setiap dua hari sekali pada sore hari, anak-anak datang untuk belajar. Mereka didampingi teman-teman dari Fakultas Keguruan dan Fakultas Ilmu Sosial Unipa," kata Dion.

Mahasiswa menyediakan beragam materi belajar termasuk buku bacaan anak-anak. Materi belajar yang diberikan diantaranya adalah memotivasi anak-anak untuk membaca dan menulis, mengenalkan Bahasa Inggris untuk anak, ketrampilan tangan, bernyanyi, membuat puisi dan berbagai permainan edukatif.

Kepala Desa Ribang, Paulinus Badar menyambut baik inisiatif mahasiswa melakukan program literasi desa. Paulinus mengajak aparat desa dan warga untuk bersama-sama melanjutkan program literasi yang telah dijalankan Mahasiswa Unipa ini. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Eginius Mo'a)

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved