Simamora Imbau Warga Lembata Tidak Terprovokasi

Kapolres AKBP Janes Simamora imbau warga Kabupaten Lembata tidak terprovokasi

Simamora Imbau Warga Lembata Tidak Terprovokasi
POS-KUPANG.COM/Frans Krowin
Kapolres Lembata, AKBP Janes Simamora 

Kapolres AKBP Janes Simamora imbau warga Kabupaten Lembata tidak terprovokasi

POS-KUPANG.COM | LEWOLEBA - Warga Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur ( NTT) diimbau untuk tidak terpancing upaya oknum tertentu yang hendak memecah belah warga hanya karena kepentingan tertentu.

Imbauan itu disampaikan Kapolres Lembata, AKBP Janes Simamora ketika ditemui POS- KUPANG.COM, Kamis (23/5/2019). Saat itu ia didampingi Kepala Bagian (Kabag) Ops, AKP Marthin Ardjon. Ia menyampaikan imbauannya itu menyusul adanya kemungkinan upaya pihak tertentu memobilisasi oknum warga dari daerah itu untuk ikut dalam aksi yang berujung kericuhan seperti halnya terjadi di Jakarta, Selasa dan Rabu (21-22/5/2019).

Dua Hari Beruntun, Dua Warga Maumere, Sikka NTT Gantung Diri

Dikatakannya, selama ini keamanan di Lembata senantiasa terkendali. Masyarakat hidup dalam suasana aman dan damai. Tak ada gejolak yang mengarah pada disintegrasi bangsa lantaran ulah oknum yang tak menerima kenyataan saat pemilihan umum (pemilu) 17 April 2019 yang lalu.

Dikatakannya, dalam dua hari terakhir, memang ada insiden yang terjadi di Jakarta. Kericuhan itu ditengarai melibatkan juga sejumlah oknum warga yang dimobilisasi dari daerah-daerah.

BPN Daftarkan Gugatan Sengketa Pilpres Prabowo-Sandiaga ke MK Jumat Siang, Ini Penjelasan Dahnil

Namun ia memastikan, bahwa tak ada oknum warga dari Kabupaten Lembata yang dibawa dari daerah itu untuk terlibat dalam insiden tersebut. "Kalau warga diberangkatkan dari Lembata khusus untuk ikut dalam insiden itu, saya kira tidak ada. Karena sejauh pemantauan dan pengawasan yang kami lakukan, tak ada hal yang demikian," ujarnya.

Ia juga menyebutkan bahwa kasus yang terjadi di Jakarta, tak akan merambat sampai ke Lembata. Namun untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan, pihaknya meningkatkan pengawasan keamanan di semua lini kehidupan masyarakat.

Pengawasan keamanan itu, lanjut Kapolres, dilakukan secara optimal. Cara tersebut untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang tidak diinginkan. "Saat ini dan ke depan, kami akan melakukan pengamanan ketat di masyarakat. Itu kami lakukan di seluruh daerah ini," tandasnya.

Saat ini, tandas Kapolres, aparat keamanan di Lembata siaga 1. Kesiagaan aparat itu untuk menangkal setiap kemungkinan buruk yang menimpa masyarakat dan daerah ini. Ia juga telah memerintahkan seluruh anggota termasuk di polsek-polsek untuk meningkatkan pengamanan demi kepentingan masyarakat.

"Saya sudah perintahkan seluruh anggota termasuk di polsek-polsek agar siaga dalam hal apa pun. Saya juga meminta semua komponen agar melaporkan kepada aparat keamanan bila melihat hal yang tak berkenan yang terjadi di tengah masyarakat," ujarnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Frans Krowin)

Penulis: Frans Krowin
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved