Seorang Pria Ditahan karena Ancam Ledakkan Trump Tower dan Konsulat Israel

Seorang Pria Ditahan karena Ancam Ledakkan Trump Tower dan Konsulat Israel

Seorang Pria Ditahan karena Ancam Ledakkan Trump Tower dan Konsulat Israel
KOMPAS.com/PIXABAY/danielleteychenne
Trump Tower 

Seorang Pria Ditahan karena Ancam Ledakkan Trump Tower dan Konsulat Israel

POS-KUPANG.COM | NEW YORK - Otoritas Amerika Serikat telah menahan seorang pemuda yang disebut telah mengancam bakal meledakkan Trump Tower dan kantor konsulat Israel di New York.

Jonathan Xie (20) ditahan di New Jersey pada Rabu (22/5/2019), setelah tim penyelidik menemukan serangkaian pesan ancaman yang dipostingnya ke media sosial.

Polisi Kantongi Rekaman, Pertemuan Rancang Kerusuhan di Jakarta Dilakukan di Sunda Kelapa

Pria itu diduga merupakan simpatisan Brigade Al Qassam, sayap militer Hamas, gerakan Islam yang menguasai wilayah Jalur Gaza.

Xie, yang berasal dari lingkungan yang makmur di New Jersey, didakwa dengan dua tuduhan berupaya memberi dukungan materi kepada organisasi teroris, dua tuduhan membuat pernyataan palsu, serta satu tuduhan menyebarkan ancaman dalam perdagangan antarnegara.

Menghitung Potensi Kerugian Pedagang Ketika 25.000 Kios Tanah Abang Ditutup akibat Kerusuhan

"Ancaman yang datang dari ekstremis brutal yang meradikalisasi dirinya sendiri masih tetap ada," kata Jaksa AS Craig Carpenito dalam sebuah pernyataan.

"Di saat semakin banyak orang Amerika yang akrab dengan ISIS, kami menganggap serius orang-orang yang ingin membantu organisasi teroris tersebut," tambahnya.

Desember lalu, menurut pernyataan penuntutan, Xie mengirimkan uang 100 dollar AS (sekitar Rp 1,4 juta) ke seseorang di Gaza yang dia yakini sebagai anggota Brigade Al Qassam.

Xie kemudian menyombongkan hal itu di Instagram dengan menuliskan, "Cukup yakin jika itu ilegal, tetapi saya tidak peduli."

Di bulan Februari, Xie juga mengaku sempat ingin bergabung dengan tentara AS "untuk belajar cara membunuh".

Kemudian pada bulan April, dia mengunggah foto Trump Tower di Instagram dengan keterangan foto yang mengatakan bahwa dia ingin meletakkan bom di sana.

Pada satu unggahan, Xie juga membuat poling "Ya/Tidak" untuk pertanyaan "Haruskah saya mengebom Trump Tower?", lengkap dengan simbol bom.

Di bulan yang sama, dia kembali mengunggah video ke Instagram di mana dia menampilkan bendera Hamas dan pistol sambil mengatakan ingin pergi ke pawai pro-Israel dan melepaskan tembakan ke semua orang di sana. (Kompas.com/Agni Vidya Perdana)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ancam Ledakkan Trump Tower dan Konsulat Israel, Seorang Pria Ditahan",

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved