Mahasiswa Pariwisata PNK Bantu Desa-desa di NTT Kembangkan Pariwisata

Mahasiswa Pariwisata PNK Bantu Desa-desa di Provinsi NTT Kembangkan Pariwisata

Mahasiswa Pariwisata PNK Bantu Desa-desa di NTT Kembangkan Pariwisata
ISTIMEWA
Mahasiswa, dosen jurusan Pariwisata PNK dan pihak Kementerian Pariwisata RI bersama warga Desa Fatumnasi TTS dalam kegiatan pengembangan Desa Wisata di Fatumnasi. 

Mahasiswa Pariwisata PNK Bantu Desa-desa di Provinsi NTT Kembangkan Pariwisata

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Mahasiswa Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Kupang ( PNK) berpartisipasi mendukung program Kementerian Pariwisata RI yaitu percepatan pemberdayaan masyarakat desa wisata.

Bentuk partisipasi dimaksud, yakni dengan terjun langsung ke desa-desa di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur melakukan pendampingan, sosialisasi dan pelatihan kepada masyarakat.

Karpowership Beri 200 Paket Ramadhan untuk Warga Desa Bolok Kupang

Ketua Jurusan Pariwisata PNK, Sari Bandaso Tandilino,SE.,MM kepada POS-KUPANG.COM, Kamis (23/5/2019) mengatakan, Jurusan PNK dengan pihak Kementerian Pariwisata RI sudah melakukan MoU pada 25 Februari 2019 di Jakarta.

Ia mengatakan, dalam MoU tersebut disepakati Mahasiswa Jurusan Pariwisata akan melakukan pendampingan, sosialisasi dan pelatihan selama tiga tahun ke depan.

Ini Permintaan Gradiana Faotlo Penenun Asal TTU Kepada PT Pegadaian

"Menindaklanjtui MoU tersebut kami sudah mulai di Desa Fatumnasi Kabupaten Timor Tengah Selatan. Dilaksanakan pada 21 hingga 23 Mei 2019," ungkapnya.

Kegiatan yang dilakukan di Desa Fatumnasi, antara lain, sosialisasi sadar wisata, pelatihan dan praktek pengelolaan homestay berkelanjutan, pameran kuliner dan souvenir lokal, dan pertunjukan musik dan tarian daerah.

Dari mengatakan, pihaknya tentu menyambut antuasias program Kementerian RI tersebut karena secara langsung memberikan dampak positif bagi proses pendidikan mahasiswa Jurusan Pariwisata.

Lebih dari itu, kata dia, program Kementrian Pariwisata tersebut klop dengan dengan program Pemerintah Provinsi NTT yang menjadikan Pariwisata sebagai penggerak perekonomian di NTT.

"Kita tentu sangat bangga bisa ambil bagian dalam program ini, untuk tingkatan perekonomian di NTT melalui Pariwisata sekaligus tugas dari perguruan tinggi dalam mendukung percepatan pengembangan 7 destinasi wisata baru olehGubernur Victor B. Laiskodat dimana Desa Fatumnasi sebagai salah satu dari lokasi tersebut," ungkapnya.

Ke depan, kata dia Mahasiwa Jurusan Pariwisata akan kembali turun ke desa lain-lain seperti di Kabupaten Ngada, Ende, Nagekeo dan lain sebagainya.

Arum Damarintyas, S.Sos, Deputi Pengembangan dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata mengatakan program tersebut sebagai bentuk sinergitas program Kementerian Pariwisata RI yang dikaitkan dengan peran perguruan tinggi sebagai upaya efisiensi dan efektifitas program produktif pemberdayaan masyarakat berbasis pariwisata berkelanjutan untuk mewujudkan tercapai 2.000 desa wisata di Indonesia.

Kegiatan pendampingan di Fatumnasi tersebut menghadirkan antara lain, Arum Damarintyas,S.Sos, Deputi Pengembangan dan Kelembagaan Kemenpar Jakarta beserta 3 orang staf dari Kementerian Pariwisata, Kajur dan Dosen 7 orang dan 32 mahasiswa Jurusan Pariwisata PNK, Dinas Pariwisata TTS, Camat Fatumnasi dan Kepala Desa serta perwakilan masyarakat desa Fatumnasi, Kuanoel dan Fatukoto. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Laus Markus Goti)

Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved