Kades Harus Jadi Penjaga Gerbang Literasi di Tingkat Desa, Ini Tujuannya

Wakil Bupati Nagekeo, Marianus Waja, meminta para Kepala Desa harus menjadi penjaga Gerbang Literasi di tingkat Desa.

Kades Harus Jadi Penjaga Gerbang Literasi di Tingkat Desa, Ini Tujuannya
Pos Kupang.com/Gordi Donafan
Wabup Nagekeo, Marianus Waja saat menutup kegiatan pendidikan dan pelatihan bagi 44 Kades baru di Aula Hotel Sinar Kasih Mbay, Rabu (22/5/2019). 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Gordi Donofan

POS-KUPANG.COM | MBAY -- Wakil Bupati Nagekeo, Marianus Waja, meminta para Kepala Desa harus menjadi penjaga Gerbang Literasi di tingkat Desa.

Wabup Marianus menegaskan Desa Ua (kasus penyalahgunaan dana desa) di Kecamatan Mauponggo menjadi pelajaran dan pengalaman berharga bagi para Kepala Desa baru.

Ia menyebutkan dalam tiga hari ini para kades terlantik telah mendapat pencerahan dari para pemateri terhadap pelaksanaan tugas kepemerintahan, pemberdayaan di Desa.

Ketua DPC PDIP Manggarai Barat Raih Kursi Wakil Ketua DPRD

"Pemerintah Daerah Kabupaten Nagekeo menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada para pemateri Wakapolres Ngada, Dandim Ngada dari Kejaksaan, ini adalah pengaktualisasian dalam membangun desa dari semua stake holder. Bagi para kades terlantik yang mengikuti Bimtek hendaknya peraturan dan perundang-undangan menjadi dasar dalam pelaksanaan kebijakan serta tetap menjaga kearifan lokal," tegas Marianus, saat menutup kegiatan pendidikan dan pelatihan bagi 44 Kades baru di Aula Hotel Sinar Kasih Mbay di Kabupaten Nagekeo, Rabu (22/5/2019).

Ia menegaskan kepala desa hendaknya menjadi panutan dan teladan dalam masyarakatnya, untuk itu dirinya meminta Kepala Desa harus menjadi penjaga gerbang literasi di tingkat desa.

"Kepala Desa wajib mempertahankan adat istiadat dalam Desanya dan mengembangkan semua potensi dan sumber daya yang ada dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tegas Wabup Marianus.

Ia mengingatkan para kades dalam pembangunan masyarakat senantiasa berkolaborasi dan bersinergi dengan semua stakeholder dan pemerintahan. Tidak bisa kerja sendiri namun bekerjasama dan selalu menjalin komunikasi yang baik. (*)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved