Bupati Tahun "Kuliahkan" Para Kepala Sekolah Terkait Teknis Pembangunan Fisik

Para kepala sekolah tingkat SMP di Kabupaten TTS yang menerima bantuan dana DAK dan afirmasi mendapat kuliah umum dari Bupati TTS Egusem Piether Tahun

Bupati Tahun
POS-KUPANG.COM/ DION KOTA
Bupati Tahun dan Kejari TTS, Fachrizal menyaksikan penandatanganan kontrak kerja oleh KPA dan PPK di aula mutis, Kantor Bupati TTS 

Bupati Tahun "Kuliahkan" Para Kepala Sekolah Terkait Teknis Pembangunan Fisik

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Dion Kota

POSKUPANG.COM | SOE- Para kepala sekolah tingkat SMP di Kabupaten TTS yang menerima bantuan dana DAK dan afirmasi mendapat "kuliah" umum dari Bupati TTS Egusem Piether Tahun terkait teknis pembangunan suatu bangunan, Kamis (23/5/2019) di aula mutis kantor Bupati TTS.

Mulai dari pembangunan fondasi, pemilihan besi, paku, seng hingga teknik pertanggungjawaban diajarkan Bupati Tahun.

Hal ini diajarkan Bupati Tahun saat memberikan sambutan dalam kegiatan sosialisasi pelaksanaan DAK fisik dan afirmasi bidang pendidikan Jenjang SMP tahun anggaran 2019.

Di TTU, Polisi Grebek Permainan Judi Bola Guling dan Kuru-Kuru

Ia mengatakan, para kepala sekolah juga harus mengetahui teknis pembangunan fisik suatu bangunan sehingga mempermudah para kepala sekolah dalam melakukan pengawasan pekerjaan fisik.

Hal ini penting untuk menjaga kualitas dari suatu bangunan.

" Selama ini dari pengalaman saya melakukan pemantauan di lapangan, saya temukan salah satu celah temuan masalah dalam pembangunan fisik adalah pekerjaan fondasi. Pekerjaan fondasi tidak mengikuti teknis pekerjaan tetapi mengikuti kebiasaan si tukang. Hal ini jelas akan mempengaruhi kualitas fisik suatu bangunan. Selain fondasi, pemilihan besi, seng yang tidak sesuai juklak dan juknis pelaksanaan juga akan mempengaruhi kualitas suatu bangunan," ungkap Bupati Tahun.

Addie MS Puji Polisi, Baru Kali ini Kesabaran Polisi Terus Bertahan

Usai pencairan tahap 1 dana DAK dan afirmasi pada Juni mendatang, Bupati Tahun memastikan dirinya akan turun melakukan pemantauan di lapangan untuk melihat pekerjaan fisik di lapangan sudah berjalan sesuai juklak dan juknis dana DAK dan afirmasi khusus bidang pendidikan.

"Saya pasti turun cek ke sekolah-sekolah yang menerima bantuan dana DAK dan Afirmasi bidang pendidikan. Saya mau cek pekerjaan jalan atau tidak, sesuai juklak dan juknis tidak. Kalau tidak sesuai saya akan suruh bongkar," tegasnya.

Kepala Kejaksaan Negeri TTS, Fachrizal dalam materinya meminta para kepala sekolah dalam pelaksanaan pekerjaan fisik yang dibiayai dana DAK dan afirmasi disesuaikan dengan Juklak dan juknis.

Pagi Ini Sudah Tiga Kali Gempa Bumi Terjadi di Sumba

Hal ini untuk memastikan mutu pekerjaan dan juga mempermudah dalam proses pertanggung jawaban.

Pasalnya dalam pengelolaan dana DAK dan afirmasi memiliki konsekuensi hukum disalahgunakan.

" Hindari pikiran untuk mencari keuntungan dari bantuan DAK dan afirmasi yang didapat. Karena pikiran tersebut akan mendorong terjadinya penyimpangan. Jika sudah menyimpang tentu akan mempengaruhi kualitas bangunan dan berkonsekuensi hukum. Kerjakan sesuai juklak dan juknis penggunaan dana DAK dan afirmasi," pintanya.

Usai Bupati Tahun membuka acara sosialisasi pelaksanaan DAK fisik reguler dan afirmasi bidang pendidikan tahun 2019, acara dilanjutkan dengan penandatanganan kontrak kerja yang dilakukan oleh KPA dan PPK dihadapan Bupati Tahun dan Kejari TTS, Fachrizal.(*)

Penulis: Dion Kota
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved