SMP Citra Bangsa Terapkan Ujian Semester Berbasis Online

ujian berbasis online ini sangat berguna untuk membiasakan para siswa melaksanakan ujian yang memakai perangkat komputer.

SMP Citra Bangsa Terapkan Ujian Semester Berbasis Online
POS KUPANG/RICARDUS WAWO
Penyelenggaraan ujian akhir semester berbasis online bagi 128 siswa Kelas VIII di SMP Kristen Citra Bangsa, Selasa (21/5/2019) 

SMP Citra Bangsa Terapkan Ujian Semester Berbasis Online

POS-KUPANG.COM|KUPANG--SMP Kristen Citra Bangsa Kupang terus melakukan inovasi di bidang teknologi seturut perkembangan zaman dan tuntutan revolusi 4.0.

Salah satunya adalah dengan menyelenggarakan ujian akhir semester berbasis online bagi 128 siswa Kelas VIII, 20-25 Mei 2019. Sementara siswa Kelas VII masih melaksanakan ujian secara manual.

Ujian akhir semester dalam Kurikulum 2013 disebut Penilaian Akhir Semester (PAS).

Ketua Panitia PAS, Benyamin E Kadja mengungkapkan ujian berbasis online ini sangat berguna untuk membiasakan para siswa melaksanakan ujian yang memakai perangkat komputer.

Menurut dia, ujian berbasis online ini membawa banyak manfaat.

Danlanud El Tari Kupang, Kolonel (Pnb) Arief Hartono Akhiri Masa Tugas di NTT

Jack Ma, Orang Terkaya Ini Minta Karyawan Lakukan Hubungan Suami Istri 6 Kali Dalam 6 Hari Kerja

Selain lebih hemat anggaran ujian, manfaat lainnya adalah para siswa juga bisa langsung mengetahui nilai mereka segera setelah ujian selesai. Para guru juga lebih mudah melakukan kontrol dan pengawasan.

Soal-soal yang diberikan secara acak kepada setiap peserta ujian sehingga tak ada peluang bagi mereka untuk menyontek.

Ujian berbasis online, tandas guru yang akrab disapa Benja ini sudah dilakukan oleh SMP Kristen Citra Bangsa sejak tahun 2018 dan sudah empat kali ujian dilangsungkan secara online.

"Ini jauh lebih hemat, tidak makan biaya untuk fotokopi soal ujian. Ujian tidak ribet guru.harus kontrol ini dan itu. Juga antisipasi supaya jangan contek," ungkapnya saat ditemui di SMP Kristen Citra Bangsa Kupang, Selasa (21/5/2019).

Tenaga teknis SMP Kristen Citra Bangsa Mefi Amalo, mengatakan ujian berbasis online ini memakai aplikasi BeeSmart yang sudah jamak dipakai di sejumlah daerah di Pulau Jawa. Aplikasi yang diunggah secara gratis ini kemudian dimodifikasi sesuai kebutuhan sekolah oleh tenaga teknis.

"Ada yang kita kurangkan dan ada yang kita tambahkan dari aplikasi tersebut," ujarnya.

Halaman
123
Penulis: Ricardus Wawo
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved