Pemilu 2019

Polisi Tangkap 101 Provokator dalam Kerusuhan Tanah Abang, Bertato dan Ditemukan Uang Rp 6 Juta

Polisi Tangkap 101 Provokator dalam Kerusuhan Tanah Abang, Bertato dan Berasal dari Luar DKI Jakarta

Polisi Tangkap 101 Provokator dalam Kerusuhan Tanah Abang, Bertato dan Ditemukan Uang Rp 6 Juta
ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN vis Kompas.com
Bentrok antara polisi dan massa aksi di Jalan KS Tubun, Jakarta, Rabu (22/5/2019). Bentok terjadi setelah massa dipukul mundur dari kericuhan di Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (21/5/2019) malam. 

Polisi Tangkap 101 Provokator dalam Kerusuhan Tanah Abang, Bertato dan Berasal dari Luar DKI Jakarta

POS-KUPANG.COM | JAKARTA - Kapolri Jenderal Tito Karnivan mengatakan, bahwa ada kelompok yang sengaja membuat kerusuhan untuk memancing kemarahan massa.

Menurut Kapolri Tito Karnivan, mereka yang ditemukan juga bertato. "Mohon maaf, dari yang telah kami amankan mereka bertato, nanti silakan lihat sendiri," ujarnya.

Selain itu, pihaknya menemukan uang dengan jumlah total Rp 6 juta dari para provokator yang ditangkap karena melakukan aksi anarkis di depan gedung Bawaslu dan Asrama Brimob Petamburan.

Bahkan, saat diperiksa, provokator yang mayoritas adalah anak-anak muda ini mengaku dibayar untuk melakukan aksinya.

"Yang diamankan ini kita lihat, termasuk yang di depan Bawaslu, ditemukan di mereka amplop berisikan uang totalnya hampir Rp 6 juta, yang terpisah amplop-amplopnya. Mereka mengaku ada yang bayar," kata Tito dalam konferensi pers di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (22/5/2019).

Skenario ini jelas, menurut Wiranto, ada kelompok yang sengaja untuk membuat kondisi menjadi chaos. "Dan skenario ini sudah jalan," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Panglima TNI Marsekal TNI Djoko Suyanto mengatakan, bahwa TNI dan Polri solid menjaga keamanan. 

Sementara itu, sejak Selasa (21/5/2019) malam hingga Rabu (22/5/2019) siang, Polda Metro Jaya mengamankan 101 orang yang diduga provokator dalam kerusuhan di kawasan Tanah Abang, Jakarta.

Argo menyebut, jumlah orang yang diamankan bisa bertambah karena polisimasih terus melakukan penangkapan pada terduga provokator.

Halaman
1234
Editor: Bebet I Hidayat
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved