Pemkab Sumba Timur Buka Puasa Bersama Umat Muslim

Pemerintah Kabupaten Sumba Timur melakukan buka puasa bersama dengan para umat Islam di Sumba Timur khususnya di Kota Waingapu

Pemkab Sumba Timur Buka Puasa Bersama Umat Muslim
POS KUPANG/ROBERT ROPO
Buka puasa bersama. 

Pemkab Sumba Timur Buka Puasa Bersama Umat Muslim

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU--Pemerintah Kabupaten Sumba Timur melakukan buka puasa bersama dengan para umat Islam di Sumba Timur khususnya di Kota Waingapu dan sekitarnya.

Kegiatan buka puasa bersama itu berlangsung di rumah jabatan bupati Sumba Timur, Selasa (21/5/2019) sore.

Dalam buka puasa bersama itu dihadiri bupati Sumba Timur Drs. Gidion Mbilijora, M.Si, Wakil bupati Sumba Timur Umbu Lili Pekuwali, ST.,MT, pimpinan Forkompimda, Ketua Pengadilan Negeri Waingapu, Sekda Sumba Timur, sejumlah asisten Sekda dan pimpinan OPD, Pimpinan Ormas Islam, para Imam dan Ta'mir masjid, para Alim Ulama, dan para umat islam.

Bupati Sumba Timur Gidion Mbilijora ditemui Wartawan usai acara buka puasa bersama itu, mengatakan buka puasa bersama ini dilakukan secara rutin pada setiap tahun.

Macan Kemayoran Persija Tak Mudah Mempertahankan Gelar Liga 1 Musim 2019, Ini Alasannya

Anda Doyan Makan Gorengan Sebagai Saat Buka Puasa? Intip Takarannya Agat Tetap Sehat

TRIBUN WIKKI : Kisah Opa Sius Pegiat Alat Musik Tradisional Go Genga Asal Nagekeo

Kata dia, buka bersama ini bukan sekedar kegiatan rutinitas, tetapi bagaimana menjaga harminusasi dalam kehidupan bermasyarakat, dan berbangsa khusus di Sumba Timur.

"Sumba Timur menjadi salah satu Kabupaten boleh saya katakan di NTT itu termasuk paling bagus toleransinya. Sehingga semua umat bergama menjalankan hidup dengan baik dan tanpa ada konflik apapun. Bahakan dilaksanakan pertandingan sepak bola umat beragama pun tidak terjadi konflik sejauh ini,"kata Gidion.

Menurutnya, toleransi antar umat beragama yang baik selama ini perlu ditingkatkan dan akan dikembangkan, sehingga menjadi contoh bagi daerah lainya.

Lebih Lanjut Bupati Gidion juga mengharapkan terkait penguman KPU hari ini, sebagai masyarakat menunggu hasil keputusan resmi dari KPU. Tidak boleh melangkahi aturan dan membuat anarkis yang dapat memecah belahkan persatuan dan kesatuan.

"Tapi puji Tuhan, sejauh ini kita di Sumba Timur aman saja,"Gidion.

Salah Satu Ketua MUI Sumba Timur yang juga sebagai ketua Pimpimpinan Daerah Muhamadiyah Sumba Timur Ilyas Ismail usai acara buka puasa bersama itu kepada wartawan, menyampaikan terima kasih kepada Pemda Sumba Timur yang berbuka puasa bersama umat Islam pada setiap tahun.

Kata dia, buka puasa bersama ini dalam rangka Silahturami antara Pemda Sumba Timur dan masyarakat umat islam untuk mewujudkan suatu kehidupan bersama yaitu membangun toleransi.

Danlanud El Tari Kupang, Kolonel (Pnb) Arief Hartono Akhiri Masa Tugas di NTT

Yuk Intip! Cuaca Aktual Penerbangan di Bandara El Tari Kupang Hari Ini

Ismail juga berpesan agar Pemilu tahun 2019 sudah selesai, maka kembali bersatu. Untuk umat Islam di Sumba Timur hanya mengharapkan bangsa dan negara ini aman, karena apa pun dalam Pemilu pasti sudah ada peraturannya sehingga umat Islam sebagai rakyat Indonesia hanya memberikan dukungan agar penyelenggaraanya berjalan aman dan lancar.

"Kita tidak mengharapkan apa itu People Power, atau kegiatan-kegiatan di luar institusional. Kita tidak mau negera ini tidak aman, kita menghendaki agar negara ini aman sehingga aktifitas masyarakat dapat berjalan dengan baik,"tutup Ismail. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved