Masyarakat Desa Kakaniuk-Malaka Implementasikan Program Perang Melawan Sampah

Masyarakat Desa Kakaniuk, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka mengimplementasikan program Perang Melawan Sampah yang digalakkan Pemerintah

Masyarakat Desa Kakaniuk-Malaka Implementasikan Program Perang Melawan Sampah
POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS
POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS BERSIH SAMPAH--Masyarakat Desa Kakaniuk, Kecamatan Malaka Tengah membersihkan sampah di jalan dan lokasi perkampungan, Jumat, (17/5/2019). 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM,Teni Jenahas

POS KUPANG.COM| BETUN----Masyarakat Desa Kakaniuk, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka mengimplementasikan program Perang Melawan Sampah yang digalakkan Pemerintah Kabupaten Malaka di bawah kepemimpinan Bupati Stefanus Bria Seran.

Kegiatan Perang Melawan Sampah itu dilakukan di jalan-jalan dan lokasi perkampungan setiap hari Jumat. Selain membersihkan sampah, pemerintah desa juga menyiapkan tempat sampah bagi masyarakat sehingga sampah rumah tangga dibuang pada tempatnya.

Kepala Desa Kakaniuk, Petronela Luruk ketika dikonfirmasi mengatakan dirinya bersama aparat Desa dan masyarakat membersihkan jalan dan semak belukar di tengah perkampungan sehingga kelihatan bersih dan asri.

"Kegiatan pembersihan ini sudah kami lakukan sejak program Bupati Malaka tentang Perang Melawan Sampah dikeluarkan pada 1 Januari 2019. Kami menyambut baik program ini dan setiap hari Jumat dalam minggu kami gotong royong membersihkan," ujar Kepala Desa dua periode ini.

Mantan pegiat LSM ini melanjutkan, pada awal minggu lalu dalam Rakor Pemanfaatan Dana Desa dan Program Inovasi Desa, Bupati Malaka di hadapan seluruh Kepala Desa dan Camat menegaskan untuk harus membersihkan lingkungan dan wilayah desa masing-masing.

Penegasan itu ditindaklanjuti Pemerintah Desa Kakaniuk dengan mengajak masyarakat untuk membersihkan lingkungan rumah dan sekitarnya serta tertib membuang sampah. Sedangkan untuk fasilitas umum dibersihkan secara gotong royong.

Menurut Petronela pekan lalu mereka membersihkan di badan jalan di sekitar Kantor Desa dan khusus untuk Kader Kesehatan, bersama dengan Kepala Puskesmas Pembantu Kakaniuk menyiapkan bak sampah di Posyandu Kakaniuk A dan Kakaniuk B.

Pemeritnah dan masyarakat Desa Kakaniuk benar-benar mengikuti prinsip Program Perang Melawan Sampah yakni, membuang sampah pada tempatnya, membersihkan sampah yang ada disekitar dan menyediakan tempat sampah di rumah, halaman rumah, sekolah, kantor dan tempat-tempat umum.

Bupati Malaka Stefanus Bria Seran saat pembukaan Rakor Pemanfaatan Dana Desa dan Program Inovasi Desa menegaskan kepada seluruh kepala desa agar menindaklanjuti program melawan sampah yang digalakkan Pemerintah Provinsi NTT dan Pemerintah Kabupaten Malaka. Program ini harus menjadi perhatian seluruh camat dan kepala desa.

"Saya minta dengan tegas kepada camat dan kepala desa untuk memperhatikan kebersihan lingkungan desanya, sehingga terlihat bersih, rapi dan asri. Oleh karena itu, harus merekrut tenaga yang bertugas membersihkan lingkungan di desanya," kata Bupati Stef.(jen/Adv).

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved