Bawaslu SBD Gencar Periksa Saksi Dugaan Pergeseran Suara Pileg di Wetim Dan Wesel

Badan pengawas pemilu 2019 tingkat Kabupaten Sumba Barat Daya melakukan pemeriksaan terhadap saksi dan para pihak atas dugaan pelanggaran pemilu

Bawaslu SBD Gencar Periksa Saksi Dugaan Pergeseran Suara Pileg di Wetim Dan Wesel
POS-KUPANG.COM/ PETRUS PITER
Ketua Bawaslu SBD, Nikodemus Kaleka (kiri) dan seorang anggota Bawaslu lainnya. 

Bawaslu SBD Gencar Periksa Saksi Dugaan Pergeseran Suara Pileg di Wetim Dan Wesel

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, petrus piter

POS-KUPANG.COM | TAMBOLAKA- Badan pengawas pemilu 2019 tingkat Kabupaten Sumba Barat Daya gencar melakukan pemeriksaan terhadap saksi dan para pihak atas dugaan pelanggaran pemilu pergeseran suara di PPK Wewewa Timur dan PPK Wewewa Selatan.

Menurut Ketua Bawaslu Kabupaten Sumba Barat Daya, Nikodemus Kaleka di kantornya, Selasa (21/5/2019), hampir dua minggu terakhir ini secara marathon melakukan pemeriksaan terhadap saksi dan pihak terkait atas dugaan pelanggaran pemilu berupa pergeseran 3210 suara ke partai PKB yang terjadi di PPK Wewewa Timur dan pergeseran suara caleg internal Partai Perindo yakni pergeseran 81 suara milik caleg nomor 3 partai Perindo atas nama Pendeta Antoneta Magho Naga ke caleg nomor urut 1 Partai Perindo atas nama Stefanus Soza.

Ia menyebutkan, hari ini, Selasa (21/5/2019), pihaknya meminta keterangan kepada Panwas Kecamatan Wewewa Timur dan mengundang pula anggota komisioner KPU SBD, Roni Malelak selaku koordinastor daerah pemilihan Wewewa Tengah, Wewewa Timur dan Wewewa Utara untuk dilakukan klatifikasi.

Kasus Dugaan Penyelundupan Senjata, Mantan Danjen Kopassus dan Praka BP Ditahan

Selain itu pihaknya juga sedang melakukan pengambilan keterangan terhadap calon legislatif nomor 3 Partai Perindo, pendeta Antoneta Magho Naga dan calon legislatif nomor urut 1 Partai Perindo, Stefanus Soza dari daerah pemilihan Wewewa Selatan dan Wewewa Barat.

Sementara itu untuk tiga kasus dugaan tindak pidana pemilu lainnya yakni kasus pencoblosan di Desa Pero, Kecamatan Wewewa Barat, SBD, Gakumdu telah menetapkan Ketua KPPS, Nikodemus Lalo sebagai tersangka. Sedangkan kasus dua kali coblos yang diduga dilakukan Oktovianus Oba Nata dihentikan karena tidak cukup bukti.

Sedangkan kasus dugaan pergeseran suara di TPS IX Kota Tambolaka, SBD, pihaknya segera melayangkan surat undangan kepada para pihak terkait untuk dimintai keterangan dalam waktu dekat ini.

Wiranto Unkpa Ada Rencana Menduduki KPU, Bawaslu, DPR, Istana

Sementara itu, Antoneta Magho Naga ditemui sesaat setelah memberikan keterangan di Bawaslu SBD, Selasa (21/5/2019) mengatakan, berdasarkan data C1 yang diperolehnya dari para saksi, terjadi kehilangan 81 suara terdiri 20 suara di Desa Wee Wula dan 61 suara di Desa Denduka dari total suara yang diperoleh di Kecamatan Wewewa Selatan sebanyak 456 suara. Selain memberikan keterangan, dirinya juga menyerahkan bukti berupa C1 yang diterima para saksi saat bertugas di TPS.

Baginya apa yang diperjuangkan bukan berupaya harus mendapatkan kursi dewan tetapi ingin menegakan kejujuran dan keadilan pada pesta demokrasi di SBD

Selain itu, ingin memberi pelajaran agar persoalan yang sama tidak terjadi pada masa mendatang. (*)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved