Untuk Warga Desa Ekateta, Eliyaser Mboeik Siap Selesaikan Sisa 40 Kambing

Eliyaser Mboeik, penyedia ternak kambing untuk warga Desa Ekateta, Kecamatan Fatuleu, menyatakan kesiapannya untuk menyelesaikan sisa kambing 40 ekor

Untuk Warga Desa Ekateta, Eliyaser Mboeik Siap Selesaikan Sisa 40 Kambing
POS KUPANG.COM/: Edi Hayong
Kepala Desa Ekateta, Yoris YA Mamo 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Edi Hayong

POS KUPANG.COM I OELAMASI--Eliyaser Mboeik, penyedia ternak kambing untuk warga Desa Ekateta, Kecamatan Fatuleu, menyatakan kesiapannya untuk menyelesaikan sisa kambing 40 ekor.

Dari total 70 ekor kambing, 30 ekor sudah diberikan dan ditambah lagi 8 ekor pada Jumat (17/5/2019), sedangkan sisanya akan dituntaskan dalam waktu dekat ini.

Eliyaser Mboeik menyampaikan hal ini ketika dikonfirmasi wartawan terkait sisa kambing yang belum terealisasi ke warga Ekateta, Senin (20/5/2019).

Menurut Aser, sisa kambing yang belum diberikan ke warga Desa Ekateta karena dalam beberapa bulan belakangan ada sedikit kesibukan. Dirinya siap menyelesaikan dalam waktu dekat ini.

Dana Desa Bisa Timbulkan Malapetaka

"Sudah 8 ekor kambing pada hari Jumat (17/5/2019, Red) saya sudah turunkan ke Ekateta. Sisanya juga dalam waktu dekat setelah dapat lagi maka segera dibawa ke Ekateta. Nanti yang atur serahkan ke penerima siapa itu jadi kewenangan di desa, saya cuma sediakan kambing," katanya.

NTT Targetkan 1.500 BUMdes

Sebelumnya diberitakan, warga Desa Ekateta, Kecamatan Fatuleu, Kabupaten Kupang khusus di Dusun 4 menagih sisa kambing sebanyak 40 ekor yang belum terealisasi. Pengadaan kambing menggunakan dana desa tahun 2018 itu sebanyak 70 ekor dimana 30 ekor telah direalisasikan penyedia yakni Eliaser Mboeik yang beralamat di Liliba, Kota Kupang (4 ekor ditolak BPD Ekateta, Red) sedangkan 40 ekor hingga kini belum direalisasikan penyedia.

Kepala Desa Ekateta, Yoris YA Mamo, ketika dikonfirmasi wartawan, Kamis (9/5/2019) membenarkan soal belum ada realisasi 40 ekor kambing tersebut.

Tiang Listrik di Jalan Sabuk Merah,  PLN Siap Bantu Tuntaskan Kendala Pembangunan di Perbatasan Belu

Yoris menjelaskan, pengadaan kambing ini menggunakan dana desa tahun 2018 tahap tiga. Untuk Desa Ekateta pengadaan kambing sebanyak 70 ekor oleh penyedia atas nama Eliaser Mboeik yang beralamat di Liliba, Kota Kupang. Saat itu, sebanyak 30 ekor sudah didatangkan namun 4 ekor ditolak BPD Ekateta, dengan alasan diduga tidak sesuai harapan. Sehingga yang diterima warga khusus di Dusun 5 hanya 26 ekor. Sedangkan 40 ekor untuk warga Dusun 4 sampai Mei 2019 ini belum direalisasikan penyedia.

Lima Bendungan di NTT Sedang Dibangun. Napun Gete Sikka Tuntas 2020

"Proses pembayaran untuk 70 ekor kambing itu sudah lunas diterima penyedia. Tapi baru 30 ekor yang direalisasikan itupun 4 ekor ditolak BPD. Sampai sekarang 40 ekor belum ada.Warga tanya kami terus dan kami kontak penyedia katanya mau realisasikan tapi sampai Mei 2019 ini kambing 40 ekor ini belum didatangkan ke Desa Ekateta," katanya.

Dirinya berharap penyedia dalam waktu dekat bisa mendatangkan 40 ekor kambing tersebut sehingga bisa diberikan kepada warga penerima. Pasalnya, dalam surat pernyataan yang ditandatangani penyedia bahwa penyelesaian di Februari 2019 tetapi sejauh ini belum ada informasi lanjutan kapan direalisasikan.

Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved