Pemda Kabupaten Nagekeo Harus Bisa Menjawab Persoalan Sampah

Pemerintah Daerah Kabupaten Nagekeo, sedang menyiapkan lokasi baru Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dan Tempat Penguburan Umum (TPU)

Pemda Kabupaten Nagekeo Harus Bisa Menjawab Persoalan Sampah
POS-KUPANG.COM/ GORDI DONOFAN
Kadis Lingkungan Hidup Nagekeo, Marsel Muda, SH 

Pemda Harus Bisa Menjawab Persoalan Sampah

POS-KUPANG.COM | MBAY -- Pemerintah Daerah Kabupaten Nagekeo, sedang menyiapkan lokasi baru Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dan Tempat Penguburan Umum (TPU).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Nagekeo, Marsel Muda, SH, menjelaskan, pihaknya sedang menyiapkan segala sesuatunya hingga bisa diusulkan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI melalui Gubernur NTT.

Marsel menjelaskan TPA dan TPU yang baru di Boa Loing Kelurahan Towak Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo.

Marsel menambahkan, Pemda Nagekeo lagi berusaha untuk bisa mendapatkan lokasi TPA dan TPU melalui proses yaitu melalui Gubernur ditujukan ke Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Memang sudah dibahas waktu itu.

Safari Ramadhan Dan Buka Puasa Bersama di Desa Siru

6 Langkah Bikin Perut Rata dan Seksi Dalam Waktu Singkat, Cobain yuk!

"Namun sampai saat ini tersendat itu tidak final dan bisa menghasilkan sebuah TPA dan TPU bahkan ada Somasi yang disampaikan oleh pemegang ulayat untuk membatalkan TPA dan TPU yang sudah diproses itu," ujar Marsel, kepada POS KUPANG.COM, Minggu (19/5/2019).

Ia mengatakan dirinya langsung berinisiasi bertemu bupati dan wakil bupati Nagekeo untuk memberitahu persoalan tersebut bahwa persoalan sampah harus segera ditangani dan juga TPU.

"Saya melihat bahwa ada satu tantangan besar. Lalu saya membuat pendekatan dengan bupati dan wakil bupati agar pemerintah segera mengambil langkah untuk menjawab persoalan yang pertama tentang sampah daerah dan kedua tentang penguburan umum," ujarnya.

Ia menjelaskan waktu rapat koordinasi di tingkat provinsi melalui konsultasi dengan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan provinsi juga merespon hal yang sama agar segera Pemda Nagekeo mengusulkan permohonan kawasan hutan lindung untuk kebutuhan TPU dan TPU Kabupaten Nagekeo.

"Dan kami sudah lakukan rapat. Saya mencari jalan keluar yaitu lewat kawasan lindung yang proses kita meminta persetujuan menteri," ujarnya.

Ia mengaku pihaknya sudah mengidentifaksi lokasi yang baru tersebut dan berharap prosesnya berjalan aman dan lancar.(Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Gordi Donofan)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved