NTT Targetkan 1.500 BUMdes

Berdasarkan data yang disebutkan OJK ada 3.026 desa di NTT. Tapi saat ini NTT yang telah terbentuk BUMdes 1.087 desa. Dari total tersebut yang aktif

NTT Targetkan 1.500 BUMdes
Pos Kupang. Com/Yen
SOSIALISASI PENGUATAN -- sosialisasi Penguatan BUMdes Provinsi NTT, di Aula Kantor Gubernur NTT, Senin (20/5/2019). 

Laporan Reporter POS-KUPANG, Yeni Rachnawati

POS-KUPANG. COM | KUPANG -- Berdasarkan data yang disebutkan OJK ada 3.026 desa di NTT. Tapi saat ini NTT yang telah terbentuk BUMdes 1.087 desa. Dari total tersebut yang aktif 781.

"Tapi sebagai kepala desa belum percaya ini betul aktif. Mesti lihat juga teman-teman. Saya lihat juga Betul tidak laporannya karena ada 12 sampel yang saya datangi di Rote di TTS, di Malaka skalanya terlalu kecil untuk dijadikan sebagai BUMDdes penggerak ekonomi desa untuk menjawab soal kemiskinan," kata Kepala Badan PMD NTT, Pieter Manuk.

Di NTT mempunyai target hingga 2023 ada 1500 BUMdes. Saat ini baru 1.000-an. "Mudah-mudahan ke depan kami bisa atau mampu untuk bagaimana mendorong Desa membentuk dan kemudian mengawal BUMdes di desa untuk menjadi pendorong kegiatan aktivitas ekonomi desa.

Apalagi sekarang ini saya merasa tidak sendirian di ruangan ini. Begini banyak orang terima kasih Pak Robert kepala OJK ini keren hari ini kegiatannya luar biasa. Program OJK menyentuh BUMdes. Kalau sampai nanti berakhir dan menentukan 4 BUMdes Cebter, satu di Timor, satu di Sumba dan dua di Flores, itu luar biasa," ujarnya.

Beberapa perguruan tinggi yang sudah tergabung ini, lanjutnya, pemerintah inginkan mudah-mudahan mahasiswa yang tengah menjapanoan KKN bisa mengurus dan memperbaiki manajemen BUM des.

"Kemudian juga saya mendapatkan laporan Pertamina akan bangun 1.500 pertamini di 1.500 bumdes. Kalau tahun ini saya ditantang bisa tidak 1.500 Bumdes di NTT. Karena kalau tidak terserap tahun ini berarti dikirim ke provinsi lain. Jadi mari kita mengeroyok dari berbagai lini. Kami sangat berterima kasih," ujarnya.

Dikatakannya akan dilaksanakan pemekaran desa, di Ngada 56 desa, Sumba Timur, 44 desa, Manggarai, 22. Ende 9 dan TTU 12 desa. (*)

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved