Ini Penegasan Bupati Don : Kelola Anggaran Harus Transparan

Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco Do meminta para kepala desa di kabupaten itu agar mengelola anggaran secara transparan.

Ini Penegasan Bupati Don : Kelola Anggaran Harus Transparan
Pos Kupang.com/Gordi Donafan
Suasana kegiatan pendidikan dan pelatihan Kades baru tingkat Kabupaten Nagekeo, Senin (20/5/2019). 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Gordi Donofan

POS-KUPANG.COM | MBAY --- Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco Do meminta para kepala desa di kabupaten itu agar mengelola anggaran secara transparan.

Bupati Don mengatakan, kepala desa bertugas untuk mengelola dan mempertanggungjawabkan pengelolaan anggaran desa, baik yang bersumber dari pemerintah daerah setempat maupun dari pemerintah pusat itu.

Dana tersebut harus secara transparan digunakan dan harus mengikuti regulasi.

"Jika sudah mengelola anggaran dana secara tepat, maka kepala desa tidak perlu takut dan ragu untuk menyusun program desa sebagaimana peraturan perundang-undangan," ujar Bupati Don, saat membuka pendidikan dan pelatihan bagi 44 Kepala Desa baru di Aula Hotel Sinar Kasih Mbay, Senin (20/5/2019).

Tiang Listrik di Jalan Sabuk Merah,  PLN Siap Bantu Tuntaskan Kendala Pembangunan di Perbatasan Belu

Ia mengingatkan, Kepala Desa harus memahami bagaimana sistem pelaporan, sistem akuntabilitas, dan strategi menyusun rancangan anggaran dengan baik.

Sehingga pengelolaan dana desa harus didasarkan pada prinsip-prinsip manajemen publik yang baik agar terhindar dari risiko penyimpangan, penyelewenangan, dan korupsi.

Ia mengatakan penggunaan dana desa telah menjadi sorotan masyarakat luas sehingga tidak boleh disalahgunakan.

"Ini perlu menjadi perhatian serius bagi kepala desa dan aparatnya agar memahami dengan baik mekanisme dan prosedur pengelola dana desa, sehingga tidak menimbulkan persoalan hukum," ujarnya.

Ia mengatakan, tugas yang harus dilakukan kepala desa yaitu, melakukan konsolidasi dengan merangkul semua masyarakat desa dan mendata potensi desa.

Halaman
12
Penulis: Gordi Donofan
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved